Mengenal Bagian dan Fungsi Dari Tangga Dalam Dunia Properti

 

Tangga mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang memiliki rumah bertingkat. Tangga merupakan bagian penting dari konstruksi bangunan, dibuat sebagai penghubung antara dua tingkat vertikal yang saling berjauhan, misalnya ruangan di lantai 1 dan 2. Tangga tentu saja merupakan alat yang memudahkan akses bangunan antara lantai satu dan dua.

Namun tahukah anda bahwa tangga sendiri memiliki beberapa bagian penting yang membentuk satu kesatuan yang utuh, serta beberapa model atau desain yang biasanya digunakan pada rumah bertingkat lebih dari satu. Dan berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagian, jenis dan bahan yang digunakan untuk membuat tangga tersebut.

Mengetahui bagian-bagian tangga dalam rumah
Jika membahas mengenai tangga, yang sudah dikenal hanya anak tangganya saja. Namun, ternyata tangga tersebut memiliki beberapa bagian lain yang mendukung keberadaan tangga itu sendiri. Bagian-bagian tangga tersebut adalah sebagai berikut:

1. Ibu Tangga


Tidak banyak orang yang mengetahui pada bagian tangga ini ternyata memiliki “ibu” tapi bukan Ibu kandung apalagi Ibu tiri. Bagian Ibu tangga ini berfungsi untuk menghubungkan, mengikat dan menopang tangga. Itu sebabnya ibu tangga yang ideal terbuat dari bahan yang kuat. Ini dikarenakan ibu tangga bertindak sebagai inti dari struktur tangga.

Bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan tangga adalah kayu, baja, beton bertulang, dan lain-lain. Biasanya ada kombinasi material antara Ibu dan anak tangga, misalnya beton bertulang dengan papan kayu. Namun jika keduanya menggunakan bahan material yang sama juga tidak salah.

2. Anak Tangga


Selanjutnya, anak tangga mungkin adalah bagian yang paling terkenal. Berguna sebagai penyangga kaki saat kita naik turun tangga. Bagian tangga ini di desain dengan jarak yang terukur agar kaki kita nyaman dan tidak menimbulkan bahaya saat kita menginjak nya.

Bahan yang berbeda biasanya digunakan dalam pembuatan anak tangga, seperti papan kayu, keramik, granit, dan marmer. Namun, saat memilih material untuk anak tangga, anda harus memperhatikan material untuk Ibu tangga terlebih dahulu.

Misalnya Ibu tangga terbuat dari beton bertulang, maka biasanya anak tangga dibuat dari keramik, granit atau marmer. Sobat bisa memilih bahan yang menurut anda paling nyaman, karena bagian telapak kaki yang akan menginjak bagian ini.

3. Railling


Bagian ini biasanya digunakan sebagai pegangan saat menaiki dan menuruni tangga. Railling ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan menghindari potensi siapa pun terjatuh dari tangga. Railling amat sangat membantu orang lanjut usia yang sudah kesulitan berjalan serta anak kecil yang sedang belajar berjalan untuk menaiki tangga.

Railing memiliki beragam pilihan material seperti besi, stainless atau kayu. Pemilihan railling sangatlah penting, karena ia menentukan nyaman tidaknya dari sebuah tangga. Pastikan pemilihan railling yang memang nyaman ketika sobat memegangnya.

4. Baluster


Baluster berfungsi sebagai pengikat atau penyangga railing tangga yang juga biasa disebut sebagai pagar dalam tangga karena bentuknya yang menyerupai pagar. Bagian baluster ini tidak kalah penting fungsinya dari bagian lainnya, karena ia berguna sebagai pengaman di dua sisi tangga. Terlebih jika sobat memiliki anak kecil di rumah, baluster akan berfungsi untuk menjaga agar siapapun tidak terperosok saat menaiki dan menuruni tangga. Baluster dengan railing ini bisa dikombinasikan bahan material nya. Tentunya ini bukanlah suatu masalah jika sobat menggunakan satu bahan yang sama untuk baluster dan railing tangga rumah.

5. Bordes


Bagian ini berguna sebagai tempat istirahat sejenak saat anda sedang menyusuri tangga. Ia memiliki ukuran cukup besar dan diletakkan di antara anak tangga. Selain berfungsi sebagai tempat istirahat sejenak, bordes juga biasanya dipakai untuk tempat peralihan anak tangga saat ada belokan. Material yang bisa anda pilih untuk bordes bisa disamakan dengan anak atau ibu tangga. Biasanya, bagian ini memiliki lebar sekitar 80-100 cm.

Itulah beberapa hal yang bisa sobat ketahui tentang tangga. Sebelum memilih model tangga, disarankan untuk mempelajari dan memahami terlebih dahulu dengan bagian-bagian tangga. Setelah itu, sobat bisa mulai memilih model tangga paling cocok untuk keperluan sobat. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan. Sobat hanya perlu memilih yang paling cocok untuk keperluan rumah. Dan jangan lupa untuk memilih model tangga yang bagus dan sesuai hanya di Djong Design!

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

 

One thought on “Mengenal Bagian dan Fungsi Dari Tangga Dalam Dunia Properti

  1. Pingback: Mengenal Jenis dan Tipe Tangga Dalam Dunia Properti – Djong Design

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
X