Tips Mendesain Taman Di Rumah Minimalis

Sebuah rumah meskipun minimalis akan terlihat semakin indah dengan adanya kehadiran sebuah taman. Berbagai jenis tanaman hias dan warna -warni bunga akan membuat rumah terlihat sejuk dan nyaman. Selain sebagai hiasan rumah, taman juga mampu memberikan kesegaran udara dan pemandangan alami.

Mendesain sebuah taman di rumah minimalis tentunya akan menjadi sebuah tantangan tersendiri. Tentunya sobat dituntut untuk memiliki kreativitas tinggi dalam menciptakan taman minimalis dengan lahan terbatas agar bisa menampilkan halaman rumah yang cantik. Sobat harus bisa memadukan antara imajinasi, kreativitas, serta selera yang sobat miliki. Lalu, bagaimana cara dan Langkah dalam membuat taman minimalis di lahan terbatas? Sobat bisa simak tips-tips berikut ini :

1. Tentukan lahan


Hal pertama yang harus sobat lakukan dalam mendesain taman minimalis adalah mengetahui seberapa luas lahan yang akan digunakan. Hal ini nantinya mempengaruhi konsep atau tema taman dan jenis tanaman yang perlu ditampilkan. Tidak ada aturan khusus tentang di mana taman itu harus ditempatkan. Namun, tempat terbaik untuk mempercantik rumah minimalis dengan taman adalah teras depan rumah. Sobat bisa menggunakan area pojok depan halaman awal.

2. Tentukan tema taman


Pada tahap ini, selera dan imajinasi sobat sangat diperlukan. Namun, jika sobat kesulitan menentukan tema untuk taman rumah tersebut, pertimbangkan untuk mencocokkannya dengan tema seluruh rumah sobat. Atau sobat juga bisa menggunakan konsep taman tropis atau taman bertema Bali. Pemilihan konsep juga dipengaruhi oleh pola penempatan media tanam.

Ada dua jenis media budidaya yaitu penyemaian langsung di tanah dan penanaman perantara seperti pot. Menanamnya langsung ke tanah lebih baik untuk memberi kesan lebih luas pada kontur lanskap. Menggunakan media tanam seperti pot memberikan fitur dan karakteristik yang lebih kuat untuk taman vertikal atau susun.

3.Formal atau informal


Konsep taman formal dan informal sangat dikenal dalam ilmu mendesain taman minimalis. Kedua konsep tersebut berbeda dalam representasi karakter di taman. Terutama yang berkaitan dengan pemilihan media dan jenis tanaman. Untuk taman minimalis formal, desainnya menekankan aturan simetris yang terkesan keras. Desain informal, di sisi lain, biasanya di luar topik dan menekankan aspek alami dan fungsi taman itu sendiri.

4. Memilih jenis tanaman


Untuk petak kecil, hindari menanam terlalu banyak jenis tanaman. Alih-alih menciptakan rumah minimalis yang asri, terlalu banyak tanaman bisa membuat rumah sobat terlihat sempit. Jangan lupa perhatikan keseragaman warna bunga dan daun. Warna hijau menambah kesan indah. Di sisi lain, taman dengan aneka bunga warna-warni memberikan kesan keceriaan dan semangat. Sebaiknya tempatkan tanaman secara berkelompok untuk menciptakan keharmonisan. Pengelompokan bisa berdasarkan penggunaan media pot yang sama atau jenis cat yang sama.

5. Faktor sinar matahari


Kehadiran sinar matahari merupakan faktor kunci dalam taman minimalis, karena tanaman perlu dijaga agar tetap hidup. Namun, beberapa tanaman tidak boleh terkena terlalu banyak cahaya. Apalagi saat mendesain taman, sangat penting untuk memperhatikan arah datangnya sinar matahari. Tumbuhan juga membutuhkan ruang yang cukup untuk bernafas. Karena itu sobat tidak boleh mengisi taman dengan terlalu banyak tanaman.

6. Saluran drainase


Area taman lebih mungkin terkena air, jadi penting untuk membangun drainase yang baik agar rumah lama Anda tidak sering basah atau berlumpur. Drainase harus selalu terhubung ke pipa pembuangan rumah dan kompleks tempat tinggal sobat. Buat lubang drainase lebih dalam dari permukaan taman untuk memudahkan pengambilan dan penurunan air. Saat ini banyak sekali bahan dan desain model penutup saluran air yang modern, unik dan menarik. Pastikan saluran pembuangan bersih agar air dapat mengalir dengan lancar.

Itulah beberapa tips and tricks yang bisa sobat djong manfaatkan untuk mendesain sebuah taman di sebuah rumah yang minimalis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
X