Pentingnya Ruang Keluarga Sebagai Jantung Sebuah Rumah

Dalam sebuah rumah tinggal, ruang keluarga merupakan tempat yang paling bermakna bagi setiap anggota keluarga. Tentu bukan tanpa alasan, biasanya hampir semua kegiatan keluarga sering dilakukan di ruangan ini. Menghabiskan waktu bersama keluarga, entah itu sekedar berbincang santai atau bahkan makan bersama, seringkali dilaksanakan di tempat yang menjadi favorit sebagian besar anggota keluarga. Selain itu, ruang keluarga juga selalu digunakan sebagai tempat berkumpulnya kerabat saat perayaan hari besar.

Secara psikologis, tata letak ruang keluarga dipercaya mempengaruhi eratnya hubungan antar anggota keluarga. Oleh karena itu, penting untuk membuat ruang ini senyaman mungkin, dan ini membutuhkan pertimbangan yang matang saat mendesainnya. Dengan begitu, ruangan keluarga dapat secara optimal memenuhi fungsinya sebagai ruang diskusi anggota keluarga. Setiap keluarga memiliki aktivitas beristirahat dan santai yang berbeda-beda.

Fungsi dasar ruang keluarga


Ruang keluarga sering dipilih anggota keluarga sebagai tempat untuk berbincang-bincang santai atau melakukan kegiatan menyenangkan lainnya. Di ruangan ini, hubungan emosional antar anggota keluarga dapat terjalin. Pemilihan furniture yang tepat dapat membuat anggota keluarga merasa nyaman berada di rumah, terutama di ruang keluarga.
Menciptakan suasana yang nyaman di ruang keluarga sangat penting, terutama dalam pemilihan furniture. Baik pemilihan furniture maupun warna perabotan memiliki pengaruh besar pada kenyamanan seseorang di rumah. Melibatkan semua anggota keluarga dalam pemilihan furniture dan warna yang sesuai dengan selera mereka dapat membuat semua anggota keluarga merasa nyaman di rumah.

Dengan melibatkan seluruh anggota keluarga, dapat menciptakan suasana yang saling menghargai pendapat masing-masing dan pada akhirnya mempererat hubungan emosional. Anggota keluarga sebaiknya tidak menganggap ruang keluarga sebagai tempat formal yang kaku. Sebaliknya, konsep ruang keluarga seharusnya lebih personal dan dapat memenuhi kebutuhan emosional anggota keluarga. Ruang keluarga harus bisa merefleksikan kebiasaan dan kebutuhan keluarga saat berkumpul dan bersantai. Sebelum merancang ruang keluarga yang nyaman, penting untuk memahami fungsi sebenarnya dari ruang kelaurga (living room) sebagai tempat berkumpul dan bersantai favorit bagi keluarga.

Ruang keluarga dari berbagai sudut negara


Di berbagai belahan dunia, ruang keluarga memiliki perbedaan dalam fungsinya. Di Jepang, ruang keluarga disebut sebagai ruang minum teh (cha sit shu) yang memiliki nilai hierarki tertinggi dalam rumah. Di Timur Tengah, ruangan untuk berkumpul keluarga dibagi menjadi dua, yaitu ruang untuk perempuan (birun) dan ruang untuk laki-laki (anderun). Di Barat, selain sebagai tempat bersantai, ruang keluarga juga digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu. Di Indonesia, sesuai dengan budaya timur, ruang keluarga berfungsi sebagai tempat berkumpul dan bersantai bagi anggota keluarga inti.

Dahulu, ruang keluarga hanya terdiri dari kursi dan meja untuk duduk dan berbincang. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, ruang keluarga memiliki fungsi tambahan sebagai tempat hiburan, seperti mendengarkan musik dan menonton TV. Untuk keluarga yang memiliki anak kecil, ruang keluarga sering didesain sedemikian rupa sehingga dapat menjadi area bermain anak. Perabot yang ada di ruang ini dikombinasikan dengan permainan anak-anak agar tidak mengurangi fungsi dari ruang keluarga tersebut.

Tidak jarang juga, ruang keluarga dipakai sebagai tempat belajar atau melakukan aktivitas hobi seperti bermain musik, menjahit, atau melukis. Baik orang tua maupun anak muda tidak memiliki ruangan khusus untuk melakukan aktivitas sehari-hari mereka. Selain itu, karena lahan yang terbatas, ruang keluarga pun digunakan untuk bermacam-macam kegiatan. Gaya hidup yang informal di kota-kota besar menyebabkan pergeseran fungsi ruang keluarga. Ruangan ini digunakan untuk menerima tamu, kerabat dekat, atau rekan kerja. Ruang keluarga juga seringkali digunakan untuk pesta kecil seperti arisan atau perayaan hari raya.

Namun, kesibukan hidup di kota besar membuat ruang keluarga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Terkadang, ruangan ini hanya dijadikan tempat persinggahan sementara. Penghuni rumah sibuk dengan aktivitas masing-masing dan fasilitas sudah tersedia di kamar pribadi mereka. Dalam kasus ini, ruang keluarga tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Meski dirancang dan ada di dalam rumah, ruang keluarga nyaris tidak pernah dipakai. Tujuan utama ruang untuk berkumpul tidak tercapai karena kurangnya waktu, terutama ketika anggota keluarga sudah dewasa.

Itulah beberapa pertimbangan mengapa ruang kelaurga atau living room ini begitu penting artinya bagi suatu rumah ataupun keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi sarana informasi bagi sobat djong semua. Terima kasih.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
X