Mengenal Konsep Arsitektur Industrial Yang Menarik dan Unik

Gaya arsitektur industrial kini sedang menjadi tren kembali, banyak tempat yang menerapkan konsep ini karena sangat menarik dan unik. Penerapan konsep ini juga sering digunakan pada interior kafe atau restoran. Seiring berjalannya waktu, gaya arsitektur industrial ini menjadi sebuah konsep arsitektur yang menarik untuk diterapkan pada bangunan hunian. Tampilannya yang menarik dan dewasa menjadi faktor utama yang membuat gaya ini begitu digemari.

Pada zaman dahulu, orang-orang Eropa menggunakan pabrik-pabrik yang ditinggalkan sebagai rumah mereka tinggal. Setidaknya mereka mempertahankan tampilan bangunan atau memodifikasinya. Hal inilah yang menjadikan gaya industrial menarik dan berbeda dengan gaya lainnya. Dari sana, perusahaan industri kemudian menyebar ke banyak negara lain, termasuk Indonesia.

Jika mendengar gaya industrial, apa hubungannya dengan industri yang kita kenal selama ini? Hal ini tidak sepenuhnya salah, sebab gaya industrial memang terinspirasi dari komponen industrial. Namun tidak membatasi fungsi setiap bangunan melainkan fokus dan minimalis dengan dekorasi yang kurang esensial. Oleh karena itu, gaya industrial merupakan rumah yang mampu memenuhi segala fungsi yang diinginkan penghuninya.

Dikutip dari Decor Aid, dekorasi bergaya industrial cenderung tampil seadanya. Tidak terlihat rumit, minimalis atau elegan. Desainnya menampilkan detail arsitektur terbuka seperti penggunaan batu bata, logam dan kayu yang tidak diplester serta bahan bekas dan daur ulang. Hal terbaik dengan memiliki rumah industrial adalah sobat akan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa menggunakan furnitur dan dekorasi yang benar-benar unik untuk rumah tersebut.

Ciri khas dan karakteristik gaya industrialis
Seperti yang kita ketahui bersama, gaya rumah industrial memiliki desain yang tidak cantik, glamor, dan mewah. Desain industrial lebih terlihat seperti desain orisinal namun menjadi menarik karena memiliki sentuhan modern. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik lainnya seputar gaya industrial yang harus sobat ketahui. Di dalam konsep interior, desain industrial ini sangatlah serbaguna. Gaya industrial ini sering kali menyertakan warna dan bahan netral yang menekankan tekstur unik. Pencahayaan yang baik akan membuat furnitur di dalam ruangan menjadi lebih menarik. Desain industrial terlihat sederhana, hanya berfokus pada fungsi. Namun lebih dari itu, ketika memasuki rumah dengan desain ini, sobat akan mendapatkan kesan yang kuat, berbeda, dan berani karena kesederhanaannya. Gaya industrial ini jauh lebih ramah lingkungan karena banyak menggunakan bahan daur ulang (Recycle). Hasil akhirnya ternyata memberi gaya ini nilai estetika yang luar biasa.

Setidaknya ada tiga ciri khas yang bisa sobatr tafsirkan untuk menjadikan rumah industrial yang sesuai dengan keinginan.

Material


Pada gaya industrial, sebaiknya hindari penggunaan bahan kain yang terkesan mewah untuk dipadukan dengan interior bergaya industrial. Sebaliknya, fokuslah pada barang-barang yang cocok untuk sobat dan seluruh anggota keluarga. Apalagi sobat bisa memanfaatkan material logam untuk dekorasi interior rumah guna mempercantik desain industrial.

Warna


Saat mendesain interior ruang tamu, sobat bisa menggunakan warna-warna netral seperti hitam dan putih. Warna yang lebih gelap dapat meningkatkan kesan desain industri dengan lebih baik. Anda juga dapat menambahkan karya seni pribadi. Hal ini akan membuat ruang tamu lebih kontras dan menarik.

Aksesoris


Untuk bagian aksesoris, sobat coba hindari penggunaan barang-barang yang minimalis. Gaya industrial lebih berfokus pada fungsi sehingga tidak perlu membatasi diri pada elemen minimalis tersebut. Misalnya saja saat mendesain kamar tidur, sobat bisa menggunakan banyak objek berbeda namun selalu menjaga semuanya tetap rapi dan rapi. Aksesori dengan hiasan dinding abstrak berukuran besar, struktur logam, dan benda menarik lainnya yang terbuat dari bahan daur ulang pasti akan membuat ruangan menonjol.

Secara keseluruhan, ide arsitektur industrial ini merupakan kombinasi sempurna antara desain dan fungsi. Dipadukan dengan pemandangan sekitar yang menakjubkan, rumah ini menjadi rumah idaman bagi sobat yang mencari desain stylish sekaligus suasana santai. Tertarik untuk menciptakan konsep serupa di rumah?

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
X