Posted on

Hubungan Desain Interior, Kenyamanan dan Produktivitas di Lingkungan Kerja

Masalah produktivitas merupakan masalah yang sangat kompleks dan multidimensional, karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari dalam maupun luar perusahaan. Faktor perusahaan seperti manusia, alat kerja, bahan kerja memegang peranan yang sangat besar, sedangkan faktor eksternal seperti konflik intra keluarga yang disebabkan oleh perusahaan, banyaknya tuntutan karyawan dan lemahnya daya beli masyarakat memegang peranan yang sangat penting. Dan ternyata lingkungan kerja dapat mempengaruhi emosi karyawan. Jika karyawan menyukai lingkungan kerja, merasa betah dalam pekerjaannya, melakukan aktivitasnya sedemikian rupa sehingga waktu kerja digunakan secara efektif. Produktivitas tinggi dan efisiensi karyawan juga tinggi.

Lingkungan kerja yang kondusif memberikan rasa aman dan memungkinkan karyawan bekerja secara maksimal. Lingkungan kerja dapat mempengaruhi emosi karyawan. Jika karyawan menyukai lingkungan kerja, merasa betah dalam pekerjaannya, melakukan aktivitasnya sedemikian rupa sehingga waktu kerja digunakan secara efektif. Produktivitas tinggi dan efisiensi karyawan juga tinggi. Pengertian lain dari lingkungan kerja adalah bahwa lingkungan kerja mengacu pada lembaga atau kekuatan di dalam atau di luar organisasi yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi.

Seseorang dapat melakukan kegiatannya dengan benar sedemikian rupa sehingga tercapai hasil yang optimal, bila sebagian didukung oleh kondisi lingkungan yang sesuai. Keadaan lingkungan dinilai baik atau layak apabila seseorang dapat melakukan aktivitasnya secara optimal, sehat, aman dan nyaman.

Alasan Mengapa Kantor Membutuhkan Desain Interior

Desain interior kantor merupakan bagian penting dalam menciptakan ruang kantor yang mendukung kerja agar tetap nyaman dan produktif. Dan inilah alasa n kenapa kantor harus menggunakan desain interior :

1. Menarik klien dan meningkatkan citra profesional


Kantor adalah tempat berlangsungnya bisnis dan citra perusahaan. Lingkungan kantor yang baik dan tertata dengan baik dapat membuat proses bisnis berjalan dengan baik. Selain itu, interior dan desain yang bersih dapat meninggalkan kesan positif bagi tamu atau calon pelanggan sehingga menciptakan citra bisnis yang profesional.

2. Meningkatkan kinerja dan produktivitas


Tema utama pengembangan perusahaan adalah inovasi, produktivitas dan efisiensi. Penataan ruang kerja yang benar dapat memberikan kenyamanan kerja untuk meningkatkan produktivitas dan mempengaruhi hasil usaha perusahaan. Lingkungan kantor yang baik dapat membuat karyawan merasa nyaman, sehingga dapat termotivasi untuk bekerja lebih baik. Kantor yang nyaman juga bisa membuat karyawan lebih bahagia dan tidak stres.

3. Penggunaan tempat secara cerdas dan efisien
Organisasi dan perencanaan kantor yang efektif dapat memfasilitasi pekerjaan karyawan. Misalnya, mengelompokkan karyawan dengan tugas dan tanggung jawab yang sama dapat memfasilitasi kolaborasi karyawan yang maksimal. Penataan perabot dan perlengkapan kantor juga bisa diatur agar ruangan tidak terlalu penuh dengan perlengkapan yang tidak perlu.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang desain interior kantor


Desain interior tidak hanya berkaitan dengan aspek dekoratif dan fungsional, tetapi juga keberlanjutan, teknologi, kesehatan, kesejahteraan, dan budaya perusahaan. Ada beberapa elemen dari desain interior berikut yang harus diperhatikan yakni:

• Warna dinding


Warna dinding merupakan elemen penting yang dapat menambah kecerahan pada ruang kerja. Pilihan warna yang halus dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik. Gunakan warna hijau lembut, biru pucat, krem, atau warna lembut lainnya.

• Penerangan


Sistem penerangan yang tepat akan membuat pekerjaan karyawan menjadi nyaman. Ada baiknya gunakan lampu hemat energi dan pencahayaan yang tidak membuat mata lelah.

• Pemilihan Furnitur


Memilih Furnitur yang ergonomis agar karyawan merasa nyaman saat bekerja. Meja dan kursi yang disediakan harus berpenampilan profesional dan memenuhi kebutuhan karyawan.

• Penempatan objek


Meletakkan beberapa objek pada tempat yang tepat akan membuat tampilan ruang kerja pun menjadi nyaman dan estetik. Gunakan rak atau keranjang penyimpanan untuk mengatur barang-barang atau berkas file.

• Pemilihan tanaman


Tanaman dapat memberikan tampilan yang segar. Tambahkan tanaman dalam ruangan dan perawatannya mudah. Dengan desain kantor yang nyaman dan menarik dapat menonjolkan brand dan profesionalisme perusahaan untuk menarik perhatian pelanggan. Tidak hanya itu, karyawan juga enjoy di kantor dan lebih produktif.

Itulah beberapa hal yang ternyata berkaitan erat antara desain interior, kenyamanan dalam bekerja, serta meningkatnya produktivitas karyawan dalam ruang lingkup perusahaan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan bisa meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *