Posted on

Inspirasi Ruang Keluarga yang Elegan hingga Modern

Ruang keluarga adalah salah satu ruangan aktif yang kerap digunakan. Oleh karena itu, desain ruang keluarga tak boleh asal-asalan demi menciptakan kenyamanan anggota keluarga atau tamu yang datang. Nah, ruang keluarga dengan konsep minimalis bisa dijadikan pilihan lho buat sobat terapkan.

Konsep desain minimalis pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat dari Negeri Sakura, Jepang. Gaya minimalis ini mengacu pada estetika yang kalem dan tanpa dekorasi yang berlebihan.

Minimalisme ini telah lama dikaitkan dengan seni. Namun, gerakan populer dari less-is-more, yang dimulai pada tahun 1960-an, telah meresap ke dalam berbagai segi kehidupan manusia.

Nah, untuk membuat ruang keluarga minimalis, yuk ikuti tips desain dan referensi berikut ini!

Desain Ruang Keluarga Minimalis

Salah satu alternatif desain yang dapat sobat pilih adalah desain ruang keluarga minimalis.

Desain ini mengutamakan filosofi less is more daripada memenuhi ruang keluarga dengan berbagai furnitur, dekorasi dan warna yang kontras.

Berikut adalah beberapa inspirasi desain ruang keluarga minimalis yang dapat diterapkan di rumah.

  1. Dekorasi dan Furnitur yang dipilih secara selektif

Seperti namanya, desain ini mengutamakan dekorasi ruangan yang tidak banyak memuat benda ataupun ornamen dalam ruangan.

Pemilihan furnitur dengan warna putih atau warna kayu akan mempercantik ruang keluarga dengan cat tembok berwarna putih.

  1. Desain dengan Gaya Ruangan yang Kohesif

Apabila sobat ingin sedikit ramai dalam mendesain ruang keluarga, gaya desain ini dapat dijadikan pilihan.

Perpaduan yang tepat antara tekstur dekorasi dan gaya furnitur akan menghasilkan desain ruang keluarga yang menyatu secara alami.

Penggunaan variasi tambahan seperti karpet bermotif akan menunjukkan karakter ruang keluarga yang penuh dengan keragaman.

Warna tembok putih akan memberikan kesan ruangan yang lapang.

Pemilihan warna yang tidak terlalu mencolok serta beberapa pot tanaman hijau menambah sentuhan warna dalam ruangan tanpa menonjolkan warna tertentu.

  1. Berfokus pada Fungsi Dekorasi dan Furnitur

Ruang keluarga dengan gaya ini dapat menggunakan cat dinding berwarna cerah untuk menghadirkan nuansa menenangkan.

Penggunaan furnitur berwarna kecoklatan akan mengesankan warna yang tidak terlalu mencolok di dalam ruangan.

Selain itu, penggunaan variasi karpet berbulu akan memberikan kesan hangat dan menghadirkan nuansa clean.

  1. Desain dengan Dominan Warna Netral

Terlepas dari seberapa banyak furnitur atau dekorasi yang ada di dalam ruangan keluarga, pemilihan warna yang tepat dari setiap benda akan menghasilkan perbedaan nuansa secara signifikan.

Pemilihan warna netral terhadap setiap aspek ruangan mulai dari dinding, kabinet penyimpanan, tanaman akan menghasilkan kesan kohesif terhadap ruangan tersebut.

Warna hitam juga dapat dijadikan aksen warna dengan menerapkannya pada dekorasi lampu dan aksesoris tambahan untuk menghasilkan kontras warna yang menenangkan.

Agar tidak menimbulkan kesan monoton pada warna, pilihlah dekorasi dan furnitur yang memiliki tekstur berbeda agar benda di dalam ruangan terasa menyatu.

Desain Ruang Keluarga Modern

Selanjutnya, setelah mengetahui desain ruang keluarga minimalis, untuk gaya ruang keluarga yang lebih trendi, sobat bisa menggunakan desain ruang minimalis modern di bawah ini.

  1. Padukan dengan Warna Hangat

Perpaduan warna-warna hangat seperti krem, terracotta, furnitur kayu atau bebatuan alam akan membuat ruang keluarga minimalis terkesan lebih hangat sekaligus menyejukkan.

Sobat bisa menambahkan dekorasi tanaman hias di tengah meja untuk mempercantik ruangan.

  1. Dinding Bertekstur

Untuk kesan modern dan artistik, sobat dapat juga menggunakan dinding atau walpaper bertekstur namun tetap polos pada bagian belakang televisi.

Selain itu, gunakan juga furnitur yang berukuran besar dan tambahan meja kayu di tengahnya untuk desain ruang keluarga minimalis namun tetap trendi dan modern.

Desain Ruang Keluarga Elegan

Tampilan elegan tak hanya bisa dipraktikkan di ruang tamu maupun kamar tidur. Tentu tampilan ini juga bisa menghadirkan suasana elegan dan mewah pada ruang keluarga agar terlihat eksklusif.

  1. Padukan Jenis Furnitur Vintage dan Modern

Palet warna dinding abu-abu lembut dan biru vintage akan memberikan kesan ruang keluarga elegan bergaya Victoria yang mewah sekaligus artsy.

Dengan pencahayaan industrial dan seni bergaya edgy akan memberikan banyak ‘kejutan’ untuk setiap anggota keluarga atau tamu yang berkunjung ke rumah.

  1. Warna Netral

Siapa bilang ruang tamu minimalis elegan haruslah dihiasi dengan warna-warna seperti silver dan gold?

Sobat bisa memilih cat dinding warna polos lalu memberikan dekorasi ruangan dengan pahatan atau furnitur unik untuk kesan ruang keluarga yang elegan.

  1. Memanfaatkan Plafon yang Tinggi

Jika sobat memiliki plafon yang tinggi pada bagian ruang keluarga, tak ada salahnya mencoba lampu gantung dengan desain minimalis namun tetap elegan untuk mengisi ‘kekosongan’ pada bagian atap plafon.

Padukan dengan desain style scandinavian kesan elegan dan mewah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *