Posted on

Memadukan Konsep Tradisional dan Modern Dalam Rumah Minimalis

Source : id.pinterest
Source : id.pinterest

Asumsi masyarakat tentang rumah modern sering dikaitkan dengan rumah tempat tinggal berdesain minimalis. Rumah ini umumnya menggunakan komponen-komponen seperti perabot, hiasan, ornamen dalam ruangan, desain dalam ruangan, dan desain eksteriornya yang disesuaikan dengan gaya rumah itu sendiri. Namun bagaimana jika dekorasi rumah modern digabungkan dengan konsep tradisional? Lantas gagasan-gagasan apa saja yang dapat diterapkan untuk menciptakan hunian modern yang bernuansa tradisional?

Ide menggabungkan konsep tradisional dan modern adalah salah satu teknik desain rumah paling menarik yang bisa sobat coba aplikasikan ke dalam pembangunan rumah. Salah satu contohnya adalah dengan memadukan konsep budaya Jawa dengan gaya modern dalam sebuah hunian. Rumah tradisional Jawa yang disebut rumah joglo memiliki ciri khas dan keistimewaan tersendiri. Sobat bisa langsung mengenali jenis bangunan joglo ini dari bentuk atapnya yang mirip piramida, bentuk fasad, dan tiang-tiang kayunya dan dengan tambahan seperti penggunaan ornamen ukiran kayu dalam berbagai jenis. Sobat bisa menambahkan desain bergaya modern pada interior untuk memberikan sentuhan kekinian pada rumah. Dengan cara ini, sobat bisa mendapatkan rumah dengan konsep tradisional namun tetap terlihat modern.

Konsep rumah modern etnik Jawa
Membangun rumah dengan tetap memunculkan tema tradisional sebenarnya dapat mengembalikan kenangan sobat ketika masa kecil. Ini juga cara untuk selalu merasa di rumah. Meski memasukkan unsur tradisional dalam konsep interior rumah sobat, tidak akan menutup kesan modern yang sudah ada. Sobat bisa menggabungkan unsur tradisional dengan tema etnik budaya Jawa dan memberikan sentuhan modern pada rumah sobat. Dengan beberapa inspirasi desain gaya etnik Jawa modern yang bisa sobat coba.

Atap rumah


Ciri khas dari hunian tradisional Jawa bisa dilihat dari bentuk atap rumah joglo. Sobat dapat mengganti bentuk atap dengan bentuk limas dengan menggunakan genteng tanah liat yang menjadi ciri khas sebuah rumah limas. Bentuk atap limas ini akan memberikan kesan kuat budaya Jawa pada rumah sobat. Atap rumah dapat dibangun dengan gaya modern, tetapi tetap mempertahankan konsep atap joglo untuk menjaga nuansa budaya Jawa.

Teras yang Luas


Karakteristik lainnya dari hunian Jawa adalah memiliki teras atau beranda yang luas dengan tiang-tiang penyangga kayu. Teras berfungsi sebagai tempat untuk menyambut tamu dan juga digunakan untuk aktivitas penghuni rumah pada pagi dan sore hari. Sobat dapat menambahkan beranda dengan lantai semen, keramik, atau bahan kayu untuk teras. Pilihan jenis lantai ini juga dapat diterapkan di seluruh ruangan hunian. Tambahkan taman di depan hunian untuk menambah keindahan. Jika masih ada lahan yang luas, sobat juga dapat membangun taman dengan pendopo beratap joglo. Pendopo dapat digunakan untuk menyambut tamu atau bersantai bersama keluarga. Pendopo juga merupakan ciri khas hunian masyarakat Jawa zaman dahulu.

Pintu Ukiran

Hunian Konsep Jawa Klasik Sangat Luas Di Prambanan Siap KPR 📌 Rumah Dijual  di Jawa Tengah | Dot Property
Ciri-ciri budaya Jawa yang kental dapat terlihat dari penampilan pintu depan rumah. Walaupun bangunan bergaya modern, jika sobat memasang pintu kayu yang diukir, kesan tradisional akan sangat terasa. Pintu kayu ukiran dapat memberikan penampilan tradisional namun tidak akan membuat rumah sobat terlihat kuno. Malahan, pintu kayu ukiran dapat menambahkan kesan mewah dan bergaya. Bahan pintu yang terbuat dari kayu jati membuatnya dapat bertahan lama hingga puluhan tahun. Sobat dapat memesan pintu kayu ukiran secara kustom kepada pengrajin kayu.

Ruangan rumah luas


Jika sobat ingin mengubah desain interior rumah dengan konsep tradisional Jawa maka jangan terlalu banyak menaruh perabot berukuran besar. Dan tidak perlu menggunakan pembatas yang membuat ruang rumah menjadi terpisah-pisah. Karena rumah joglo identik dengan ruangan yang luas. Maka sebaiknya sobat mendesain interior ruangan dengan gaya minimalis. Cukup tempatkan perabot yang fungsional. Sobat bisa menggunakan mebel atau perabotan berbahan kayu untuk sentuhan etnik.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *