Posted on

Membuat Mushola Minimalis Dirumah?? Kenapa Tidak?!

Tidak semua orang memiliki selera yang sama dalam mengatur rumah impiannya. Namun biasanya semakin banyak anggota keluarga yang ada dirumah tersebut, semakin banyak juga ruangan yang diperlukan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Misalnya kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi atau garasi. Bagi umat Islam, tempat ibadah juga merupakan salah satu hal penting yang diperlukan saat memiliki sautu rumah. Walaupun beribadah dapat dilaksanakan dimana saja, namun tentunya jika memiliki ruangan khusus sobat akan lebih khusyuk untuk beribadanya.

Tidak perlu menyiapkan ruangan yang besar, cukup nyaman, bersih dan rapi ditambah beberapa dekorasi yang sesuai. Untuk itu, sobat dapat mendesain mushola minimalis yang sesuai dengan kebutuhan beribadah dirumah. Selain itu, memiliki mushola di area rumah dapat membantu sobat dan anggota keluarga lainnya meluangkan waktu untuk beribadah. Anak-anak juga bisa mulai dibiasakan untuk belajar melakukan beribadah.

Mushola minimalis memiliki nuansa sederhana namun tetap modern. Tidak ada salahnya jika sobat menyimak beberapa inspirasi kreatif dalam membuat mushola minimalis berikut ini :

1. Mushola Sederhana di Teras Belakang Rumah


Jika enggan membangun area tambahan untuk musala, sobat bisa menggunakan saja teras belakang rumah. Dengan penambahan memasang lantai vinyl motif kayu di atas keramik lantainya untuk memisahkan musala dari teras secara keseluruhan. Tambahkan juga karpet lantai atau sajadah untuk memunculkan tujuannya sebagai tempat ibadah. Lalu,pasang beberapa kaligrafi di salah satu dinding mushola sebagai dekorasi tambahan. Desain mushola minimalis di bagian belakang rumah ini semakin nyaman dan estetis berkat penggunaan rumput sintetis. Tampilannya juga semakin eye catching dengan penambahan kursi lesehan berbahan rotan dengan warna cokelat alami.

2. Mushola Rumah Outdoor di Samping Taman


Sobat mempunyai space lahan di bagian belakang rumah yang tidak terpakai dan agak lumayan luas? Nah kenapa sobat tidak mencoba membaginya menjadi dua bagian. Sobat bisa membangun mushola rumah dengan konsep outdoor di area ujung setelah taman dengan pondasi berupa lantai kayu. Karena lokasinya tersembunyi di belakang rumah , kamu tidak harus repot-repot menyekatnya atau memasang pintu di mushola itu.

3. Mushola Sederhana dengan Dinding Batu Alam


Ide pertama adalah membangun ruangan kecil di area terbuka rumah seperti halaman. Sobat bisa membuat mushola dengan konsep terbuka, tanpa memakai dinding di salah satu sisi mushola. Tambahkan juga keramik bermotif batu alam untuk bagian lantai serta setengah bagian dinding untuk memunculkan nuansa alami. Terus untuk penambahan dekorasi, sobat bisa menggunakan beberapa inventory dengan desain natural seperti vas bunga dari rotan atau meja kayu kecil. Jangan lupa juga, tambahkan juga hiasan kaligrafi di dinding yang searah dengan kiblat salat.

4.Mushola Bawah Tangga


Menempatkan pembangunan mushola minimalis di dalam rumah memang harus teliti dan tepat. Sebaiknya pemilihan lokasi tersebut harus bisa menciptakan ruangan yang nyaman dan bersih. Tidak harus ruangan yang luas, salah satu spot yang bisa sobat coba untuk dijadikan sebagai mushola adalah area bawah tangga. Ruang kosong di bawah tangga bisa sobat gunakan sebagai alternatif tempat dibuat mushola. Sobat bisa menambahkan rak terbuka untuk meletakkan keperluan beribadah yang nantinya akan atau sudah digunakan. Meskipun ukurannya minimalis, tingkat kenyamanan saat beribadah harus tetap terjaga. Dengan mengoptimalkan pemanfaatan ruangan yang memungkinkan, sobat jadi tidak harus membuat area baru yang khusus untuk pembuatan mushola.

5. Mushola Dengan Motif Kayu


Sobat bisa membuat mushola minimalis di dalam rumah agar terlihat tampilan yang elegan dengan penambahan motif kayu serba coklat. Desain ruangan mushola pun bisa sobat kombinasikan dengan mengandalkan kombinasi antara material kayu dengan karpet warna senada yang akan menampilkan gradasi tampak indah. Tidak perlu menambahkan banyak aksesoris, dengan bisa menciptakan dekorasi ruangan yang tepat, ruang ibadah pun akan semakin menarik. Sobat bisa ciptakan ruangan ibadah yang nyaman dan mampu menarik anak-anak untuk bersemangat belajar beribadah di rumah. Berkreasi dengan inspirasi yang menarik untuk dapat menciptakan mushola minimalis yang nyaman dengan tetap bernuansa Islami.

6. Mushola Bergaya Industrial


Meskipun konsep rumah sobat adalah rumah minimalis, penempatan area mushola yang tidak terlalu besar bisa ditempatkan dimana saja. Sobat dapat menggunakan sudut ruangan di area rumah atau justru membuat ruangan baru yang khusus untuk mushola. Salah satu konsep yang bisa sobat terapkan di mushola minimalis yaitu gaya industrial. Desain mushola gaya industrial ini akan memunculkan kesan maskulin pada salah satu ruangan di rumah sobat. Penggunaan bata ekspos dengan baluran semen akan membuat mushola terlihat unik dan menarik. Nah sobat juga bisa menambahkan pencahayaan di salah satu sudut mushola, dengan tampilan konsep yang satu ini mushola minimalis akan terlihat nyaman, unik di rumah dan juga jauh berbeda.

Menciptakan tempat beribadah di rumah bisa membantu sobat dan keluarga lebih nyaman dalam beribadah dan lebih terjaga privasi. Demikian beberapa ide kreatif yang bisa dijadikan pilihan untuk membuat mushola di area rumah sobat dan semoga bermanfaat.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

 

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *