Posted on

Menerapkan Konsep Mezzanine Pada Garasi Rumah Sobat

Saat ini mempunyai sebuah rumah sudah harus dilengkapi dengan fasilitas yang sangat diperlukan yakni garasi rumah. Fungsi garasi ini sangat penting buat menyimpan kendaraan sobat pribadi misalnya sepeda motor atau bahkan mobil. Jika tidak, maka kendaraan sobat itu justru akan menyulitkan orang lain. Dalam sebuah rumah, garasi adalah salah satu area penting yang digunakan untuk menyimpan kendaraan pribadi baik sepeda motor ataupun mobil. Alternatifnya, sobat juga bisa menjadikan area ini menarik bagi rumah sobat dengan memilih desain garasi yang unik. Sebelum memutuskan konsep desain yang akan dipakai, sobat bisa menentukan terlebih dahulu posisi garasi di dalam rumah, apakah depan, samping, atau belakang. Kemudian perhatikan juga ukurannya agar sesuai dengan konsep desain yang direncanakan.

Jika sobat hanya memiliki ruang yang terbatas dan ingin membuat garasi di dalam rumah menjadi lebih fungsional, maka membuat desain mezzanine adalah salah solusi yang tepat. Bagian atas mezanin bisa sobat manfaatkan sebagai ruang penyimpanan (gudang) atau tempat menyimpan barang. Misalnya, ban cadangan yang lebih besar, knalpot, dan komponen mesin dapat dengan mudah disimpan di mezzanine untuk mengurangi kekacauan dan menambah ruang lantai di bawahnya. Namun sebelum sobat membuat atau merubah garasi kendaraan dengan konsep mezzanine ini, harus diperhatikan juga beberapa hal yang nantinya akan berhubungan dengan proses pembuatan garasi dengan konsep desain mezzanine. Apa saja hal tersebut? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

1. Tentukan material utama


Hal yang pertama harus sobat lakukan adalah memilih material utama untuk membuat rangka mezzanine di garasi sobat. Memang ada beberapa bahan material yang bisa sobat gunakan untuk membuat lantai mezzanine seperti kayu, besi, beton maupun baja (solid/ringan). Material terakhir ini yang paling banyak dipilih dan digunakan sebagai rangka untuk membuat lantai mezzanine. Selain faktor bobot nya yang ringan, harga lebih ekonomis, pemasangan nya yang mudah, pemilihan bahan baja ringan juga karena mudah untuk mendapatkan bahan tersebut.

2. Sudut elevasi


Sudut elevasi alias ketinggian mezzanine wajib sobat perhatikan supaya ruangan tetap terasa luas meskipun dengan hadirnya mezzanine. Untuk lantai mezzanine diusahakan posisinya dibangun teapt pada tengah-tengah lantai serta langit-langit. Apabila ingin menggunakan patokan ukuran, pastikan ruangan mempunyai tinggi minimal 4 sampai 4,5meter supaya sobat dapat leluasa membuat lantai mezzanine dengan tinggi 2 sampai 2,5 meter. Tinggi ini cukup ideal untuk sobat tetap beraktivitas tanpa harus membungkuk.

3. Model tangga


Tangga mezzanine harus disesuaikan dengan konsep interior tempat tinggal yang sudah ada. Sobat dapat memilih tangga dengan bentuk menyiku ataupun melingkar untuk berhemat ruangan. Tangga dengan struktur minimalis (floating staircases) juga dapat menciptakan perspektif ruangan terlihat lebih luas. Gunakan juga pegangan tangga yang desainnya cocok dengan pagar pembatas mezzanine. Pastikan posisi tangga dibangun secara aman. Gunakan karpet atau bahan dengan permukaan atas bertekstur supaya tidak licin. Pilih warna atau tekstur yang gampang dilihat dengan mata sehingga anggota keluarga dapat menapaki tangga dengan lebih aman.

4. Sirkulasi dan pencahayaan


Mezzanine yang nyaman wajib mempunyai sirkulasi udara serta pencahayaan alami yang baik, sama halnya seperti bagian tempat tinggal lainnya. Pastikan mezzanine mempunyai ventilasi yang menjadi sumber cahaya alami serta sirkulasi udara. Solusi lainnya dengan membuat area kaca di daerah langit-langit (skyline) yang akan menjadi sumber cahaya alami. Letakkan skyline pada area mezzanine yang paling dominan digunakan. Apabila sobat ingin menambahkan lampu, pilihlah lampu yang mempunyai cahaya lembut serta tidak terlalu menyorot sehingga berpengaruh terhadap pencahayaan ruangan lain di dalam rumah sobat.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan juga nantinya akan berhubungan dengan proses pembuatan garasi dengan konsep desain mezzanine di rumah sobat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semuanya.

 

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *