Posted on

Mengenal Lebih Jauh Konsep Rumah Minimalis

Minat terhadap rumah dengan konsep minimalis semakin hari semakin berkembang. Konsep rumah minimalis ini sederhana namun modern dan sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama di kalangan pasangan muda. Selain itu, rumah minimalis biasanya memiliki desain unik yang menghadirkan kenyamanan bagi penghuni rumah minimalis ini.

Desain minimalis populer di abad ke-20 dan terus menjadi salah satu tren dekorasi yang paling populer. Desain ini dapat dengan mudah diterapkan pada setiap ruangan di rumah atau kantor, restoran atau bahkan kafe sobat. Desain minimalis berfokus pada penggunaan furnitur minimalis namun fungsional. Dengan konsep less is more membuat ruangan lebih luas dan suasana akan terasa lebih bersih dan segar.

Ternyata ada banyak faktor yang menjadi alasan kenapa masyarakat memilih konsep rumah minimalis ini. Dan berikut adalah beberapa alasan kenapa konsep rumah ini banyak diminati.

Konsep yang praktis dan sederhana


Sesuai dengan namanya “Rumah Minimalis”, ukuran dari rumah ini tentunya tidak terlalu besar. Luas lahan yang digunakan juga cukup ringkas, sehingga meskipun space yang ada tidak terlalu luas tetapi bisa multifungsi. Furniture yang digunakan juga sangat simple dan sederhana sehingga membuat rumah ini lebih mudah dirawat dan dibersihkan. Ditambah lagi, konsep rumah yang sederhana namun tetap terlihat modern akan menambah kenyamanan bersama keluarga sobat.

Memiliki banyak kelebihan dan keuntungan


Ada banyak kelebihan dan keuntungan yang didapat dari rumah minimalis ini. Salah satu keuntungan sebenarnya terletak pada perawatan dan pembersihan. Rumah ini tidak memiliki banyak ruangan yang mudah untuk berinteraksi dengan keluarga sobat, sehingga akan menambah kehangatan keluarga tanpa sobat sadari. Selain itu, sobat akan mendapatkan nilai investasi jangka panjang di rumah ini.

Harganya ekonomis


Alasan terakhir rumah minimalis ini banyak diminati adalah harganya yang sangat terjangkau. Rumah ini memiliki luas yang tidak terlalu besar, sehingga harganya terjangkau. Terlepas dari harga properti yang terus meningkat, konsep rumah minimalis ini ternyata memang sangat diminati.

Setelah sobat mengetahui alasan banyaknya masyarakat yang memilih konsep rumah minimalis, sobat juga harus memperhatikan lima hal yang harus dihindari ketika akan membuat rumah dengan konsep minimalis. Dan berikut adalah 5 hal yang harus dihindari tersebut :

Tidak harus terlihat “kosong”

Florida Land Network, Leonard Dicks Realty
Penambahan ornamen pada rumah minimalis membuatnya terlihat lebih individual dan tidak seperti galeri atau museum. Namun perlu diperhatikan bahwa dekorasi dan furniture yang digunakan tidak menghadirkan pembatas, baik secara visual (menaungi seluruh ruangan) maupun fungsional (menghalangi jalan).

Tidak harus putih


Memang warna putih sering digunakan pada interior minimalis, namun bisa juga dipadukan dengan warna lain. Sobat dapat menggunakan warna abu-abu dan pasir untuk menambahkan aksen hitam, biru tua, hijau, atau warna apa pun yang sobat atau keluarga suka.

Tambahkan tanaman  


Penambahan kaktus dan bambu sering digunakan sebagai dekorasi pada ruang minimalis karena perawatannya yang sangat mudah. Untuk menebarkan aura positif di rumah, sobat bisa menggunakan rangkaian bunga yang bisa dipajang di atas meja. Sobat juga dapat mencoba beberapa jenis tanaman sukulen atau sejenisnya.

Tidak selalu furniture dengan desain geometris


Furniture bergaya geometris memang sering digunakan dalam rumah dengan konsep minimalis. Namun jangan langsung berpikir untuk membuang dan menggantinya jika sobat sudah mempunyai beberapa furniture lama. Untuk dicatat saja, selain tentang gaya desain, konsep minimalis juga adalah gaya hidup atau lifestyle. Dalam pemilihan furniture juga bukan hanya tentang seberapa banyak yang kamu miliki, tetapi juga seberapa fungsionalnya barang itu untukmu.

Desain minimalis bukan scandinavian


Meskipun sekilas jika dilihat tampak serupa, konsep desain minimalis dan scandinavian adalah dua gaya desain yang berbeda. Konsep desain Scandinavian lebih menggunakan bahan kayu alami, rotan dan bambu dengan aksen warna biru laut. Sedangkan konsep minimalis lebih menggunakan bahan-bahan ringan dan simple seperti perabot plastik dan besi. Konsep desain minimalis ini seringkali dipadukan dengan gaya desain industrial dan klasik.

Nah itu dia beberapa penjelasan mengapa minat akan rumah minimalis saat ini begitu meningkat. Berbarengan dengan peningkatan minat terhadap konsep rumah model minimalis, saat ini sudah banyak jasa renovasi rumah yang mampu menciptakan rumah dengan konsep minimalis dan salah satunya adalah Djong Design.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *