Posted on

Arsitektur Modern Berkelanjutan di Indonesia : Solusi Hijau untuk Kota-kota Masa Depan

Ada beberapa pertanyaan yang sering ditujukan tentang apa itu arsitektur modern berkelanjutan. Arsitektur modern berkelanjutan adalah pendekatan dalam merancang dan membangun bangunan yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan sosial. Tujuannya adalah untuk mengurangi dampak negatif bangunan terhadap lingkungan alam, menghemat sumber daya alam, meningkatkan efisiensi energi, dan menciptakan ruang yang sehat dan nyaman untuk penghuninya. Dalam konteks Indonesia, arsitektur modern berkelanjutan berfokus pada menciptakan solusi hijau yang sesuai dengan kebutuhan perkotaan yang berkembang pesat. Indonesia adalah salah satu negara yang paling rentan terhadap perubahan iklim. Penyebabnya termasuk naiknya permukaan laut, cuaca ekstrem, dan polusi udara. Selain itu, tingkat urbanisasi yang tinggi, deforestrasi, krisis sampah, serta peningkatan kebutuhan energi menjadi faktor lainnya yang mempengaruhi perubahan iklim yang ada di Indonesia. Hal ini menunjukkan pentingnya mengurangi emisi karbon dan membangun bangunan yang ramah lingkungan.

Didalam artikel ini, nantinya akan kita membahas mengenai solusi hijau yang dapat ditemukan dalam arsitektur modern di Indonesia. Baik dari jenis, kelebihan, hingga potensi perkembangan arsitektur modern berkelanjutan Indonesia.

Jenis Arsitektur Modern Berkelanjutan di Indonesia

Jenis arsitektur modern berkelanjutan di Indonesia mencakup berbagai pendekatan dan solusi hijau yang ditawarkan oleh arsitek dalam berbagai proyek. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang beberapa jenis arsitektur modern berkelanjutan yang ada di Indonesia beserta contoh-contoh proyek nyata yang sukses :

1. Rumah Berkelanjutan

Rumah berkelanjutan adalah rumah-rumah yang dirancang dengan mempertimbangkan efisiensi energi, penggunaan bahan ramah lingkungan, dan pemeliharaan sumber daya alam. Rumah Energi Nol di Bandung milik Ridwan Kamil adalah contoh rumah berkelanjutan yang menghasilkan sebanyak atau lebih energi daripada yang mereka konsumsi. Mereka menggunakan panel surya, sistem pengumpulan air hujan, dan material daur ulang.

2. Bangunan Komersial Berkelanjutan

Bangunan komersial berkelanjutan termasuk perkantoran, pusat perbelanjaan, dan fasilitas publik lainnya yang memanfaatkan teknologi hijau untuk mengurangi konsumsi energi dan mencapai efisiensi operasional yang tinggi. Salah satu contohnya Menara BCA di Jakarta adalah bangunan berkelas platinum yang mengintegrasikan berbagai fitur berkelanjutan, termasuk penggunaan sistem HVAC hemat energi, penggunaan kaca berlapis tahan panas, dan sistem manajemen energi canggih.

3. Proyek Pemukiman Berkelanjutan

Proyek pemukiman berkelanjutan adalah kawasan perumahan yang dirancang untuk menggabungkan prinsip-prinsip keberlanjutan, seperti transportasi berkelanjutan, taman-taman kota, dan desain yang mempromosikan komunitas yang seimbang. Green Ville Housing di Jakarta adalah proyek pemukiman berkelanjutan yang mengusung konsep keberlanjutan dalam lingkungan perkotaan. Mereka memiliki akses yang baik ke transportasi publik, area hijau yang luas, dan penggunaan material ramah lingkungan.

4. Arsitektur Ramah Lingkungan Tradisional yang Diperbarui

Beberapa arsitek di Indonesia telah memadukan elemen-elemen arsitektur tradisional dengan teknologi modern untuk menciptakan bangunan yang tetap menghormati lingkungan dan budaya setempat. Seperti Taman Sari Water Castle di Yogyakarta ini adalah contoh perbaikan bangunan bersejarah dengan mempertahankan elemen-elemen tradisional sambil memodernisasi infrastruktur berkelanjutan, seperti sistem pengelolaan air.

5. Penggunaan Material Lokal dan Daur Ulang

Arsitek di Indonesia sering menggunakan material lokal dan daur ulang dalam proyek mereka untuk mengurangi jejak karbon dan mendukung industri lokal. Proyek Bamboo Pavilion di Bali adalah contoh penggunaan bambu lokal sebagai bahan utama dalam konstruksi, menghasilkan struktur yang kuat dan ramah lingkungan.

Keberagaman solusi hijau ini mencerminkan komitmen arsitek dan pengembang di Indonesia dalam menghadapi tantangan keberlanjutan dan menciptakan bangunan yang lebih ramah lingkungan serta berkelanjutan dalam jangka panjang. Setiap jenis arsitektur modern berkelanjutan ini memainkan peran penting dalam mengubah lanskap perkotaan Indonesia menjadi lebih hijau dan berkelanjutan.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *