Posted on

Bagaimana Mengaplikasikan Konsep Sustainable Dalam Pembangunan Rumah

Dalam membangun sebuah rumah dengan konsep sustainable yang ramah lingkungan tetapi tetap mengikuti trend arsitektur yang modern, ternyata akan sangat membantu sobat dalam hal menghemat banyak uang untuk jangka panjang dan memberikan perubahan positif pada kualitas hidup. Istilah rumah berkelanjutan atau yang lebih dikenal sustainable house, pada dasarnya mengarah pada gaya hidup ramah lingkungan dalam ruang lingkup rumah yang menggunakan sumber daya dan energi seefisien mungkin. Secara umum, prinsip dasar rumah berkelanjutan adalah pengurangan limbah dan limbah, penggunaan bahan daur ulang, perawatan minimal, dan penghijauan. Dalam jangka panjang, semua cara tersebut dapat menjamin kualitas hidup yang lebih baik bagi penghuni rumah dan lingkungan sekitarnya.

Konsep rumah yang berkelanjutan secara ekologis adalah tentang efisiensi dan kesadaran lingkungan kita. Gerakan menuju masa depan yang lebih hijau semakin populer. Bayangkan dengan melakukan beberapa perubahan untuk membuat rumah kita berkelanjutan dan ramah lingkungan, kita tidak hanya dapat mengurangi jejak karbon kita, tetapi juga membuat rumah kita lebih nyaman dan bahkan menghemat pengeluaran bulanan kita. Sobat mungkin berpikir tentang bagaimana mengubah rumah biasa yang sudah ada menjadi rumah berkonsep berkelanjutan dan ekologis. Rumah yang ramah lingkungan sebenarnya adalah tentang mengetahui dengan tepat apa yang kita inginkan, di mana kita ingin membangun atau bagaimana memperbaiki lingkungan rumah kita.

Tapi apa yang membuat rumah berkonsep berkelanjutan dan ramah lingkungan? Apaklah jenis dan tipe rumah? Bahan yang digunakan dalam pembuatannya? Atau sesuatu yang lain? Apakah panel surya atau kipas turbin lebih baik atau apa? Padahal, membangun rumah yang berkonsep berkelanjutan dan ramah lingkungan lebih dari sekadar memasang panel surya. Meskipun sumber energi terbarukan juga penting, inti dari rumah ramah lingkungan yang berkelanjutan ada pada desainnya; misalnya ketika kita melihat estetika dan fungsi eksterior dan interior sebuah rumah. Namun apa saja metode yang tepat dan bagaimana caranya untuk mewujudkan konsep rumah sustainable itu? Dan berikut ini adalah beberapa ide-ide sederhana yang kami coba suguhkan yang mungkin layak untuk sobat coba.

1. Desain dan konsep awal


Rumah ramah lingkungan dibangun dengan mempertimbangkan semua aspek, jadi perhatikan detail penting saat merencanakan rumah ramah lingkungan. Rumah dengan konsep berkelanjutan yang ramah lingkungan dirancang untuk bertahan lama, mudah diperbaiki, dan jika perlu ditingkatkan dengan bahan yang ada. Tujuan membangun rumah yang ekologis dan ekonomis adalah untuk menghemat bahan, penggunaan energi dan air, menjaga kualitas udara dan lingkungan dalam ruangan rumah.

2. Maksimalkan cahaya alami


Sinar matahari alami mengurangi penggunaan lampu listrik yang menghabiskan banyak energi. Cahaya alami yang masuk ke dalam rumah adalah kunci untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Untuk melakukan ini, sobat hanya perlu menambah jumlah ventilasi dan jendela kaca, menambah ukuran atau memasang penutup atap. Semua ini pasti akan membantu mengurangi konsumsi listrik dan membuat rumah sobat lebih sehat dan sustainable!

3. Gunakan perangkat hemat energi
Menggunakan peralatan rumah tangga hemat energi merupakan salah satu perubahan kecil yang dapat berdampak besar bagi lingkungan di masa depan. Berkat peralatan dan perlengkapan yang hemat energi, biaya keuangan berkurang dan sumber daya energi dari minyak dan batu bara penghasil listrik akan berkurang. Untuk memulainya, kita bisa memasang panel surya, yang akan menjadi sumber energi rumah, yang tentunya lebih hemat energi. Meskipun biaya awal teknologi terbarukan biasanya sedikit lebih mahal, biaya ini terbayar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Sebab, pada prinsipnya listrik dari teknologi terbarukan lebih sedikit dibandingkan dengan teknologi konvensional. Oleh karena itu, saat membangun rumah dengan konsep berkelanjutan dan ramah lingkungan, rumah hemat energi harus menjadi perhatian.

4. Pengelolaan sampah yang cerdas di rumah


Meski terlihat sederhana, namun faktanya pemilahan dan pengolahan sampah rumah tangga memiliki dampak yang sangat penting terhadap lingkungan. Hal ini terlihat dari data Sistem Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia sudah menghasilkan 19,45 juta ton sampah pada tahun 2022. Dari angka tersebut, 39,63% dari jumlah tersebut merupakan sampah rumah tangga. Sisanya 55,5 persen terdiri dari sampah makanan, sampah plastik dan sampah kertas atau kardus. Memilah sampah dan mengurangi sampah makanan dengan memanfaatkannya kembali menjadi pupuk atau bahkan energi biogas merupakan langkah yang harus segera diusahakan untuk segera mengatasi masalah sampah lingkungan.

5. Berikan Sentuhan Hijau


Pemanasan global yang semakin meningkat, secara perlahan mempengaruhi iklim dan cuaca yang mau tak mau membuat manusia harus mencoba sesuatu yang paling sederhana sekalipun untuk menguranginya. Beberapa space kosong yang tidak terpakai tentu bisa dimanfaatkan untuk menanam pepohonan hijau atau dibuat menjadi taman. Dinding usang terbengkalai pun demikian, sobat dapat membangun taman vertikal. Bahkan saat ini banyak orang memanfaatkan rooftop sebagai area pertanian hidroponik. Sementara untuk didalam ruangan, pilihlah tanaman hias yang dapat menjernihkan udara dan menghasilkan oksigen, seperti Lili Paris, bunga krisan, Sri Rejeki, Lidah Mertua atau sirih gading. Sobat juga bisa memilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak air, seperti aneka kaktus, pakis, dan sukulen.

Menerapkan konsep rumah berkelanjutan memungkinkan pemiliknya bukan hanya untuk lebih peduli terhadap keberlangsungan lingkungan dengan melakukan penghematan energi dan mengurangi produksi limbah, akan tapi memberikan dampak secara ekonomi dan juga sosial juga. Semoga artikel ini bisa memberikan sedikit informasi dan memberikan manfaat kepada sobat semua.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *