Posted on

Beberapa Keuntungan Ketika Menggunakan Custom Furniture

Berbicara tentang tempat tinggal Sobat Djong, tidak cukup hanya dengan keberadaan fisik sebuah rumah saja. Mengisi furnitur adalah kebutuhan penting berikutnya. Mengisi dan mendesain rumah adalah kegiatan yang menyenangkan dan menantang. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari ukuran ruangan, gaya desain, budget, dan selera. Dan juga beberapa keuntungan ketika menggunakan custom furniture.

Bicara soal selera, tentu kita bisa membangun rumah sesuai dengan keinginan kita semaksimal mungkin. Meskipun ketersediaan pasar mungkin tidak dapat memenuhinya. Mulai dari persediaan stok yang terbatas, ukuran, warna, harga hingga fitur. Berapa lama sebelum kita menginginkan furnitur? Hal ini jelas sangat tidak efisien dan efektif. Hingga akhirnya istilah custom furniture mulai dikenal banyak orang dan menjadi solusi dalam dunia desain interior.

Apa itu custom furniture ?
Seperti namanya, custom furniture adalah furniture yang diinginkan dan bisa kita buat sendiri sesuai dengan selera dan kebutuhan kita. Semuanya bisa disesuaikan, mulai dari bahan, model, ukuran, warna hingga harga. Seringkali kebutuhan akan bentuk ruangan yang unik, ruang yang terbatas dan kebutuhan khusus menjadi alasan mengapa custom furniture menjadi semakin populer.

Setiap pilihan tentu memiliki plus dan minus. Baik furniture yang dibuat secara custom maupun yang sudah jadi memiliki kelebihan dan kekurangan yang tentunya harus kita pertimbangkan sebelum membuat atau membelinya. Hal ini bisa kita kaitkan dengan kebutuhan dan kondisi ruangan, apa keuntungan memilih custom furniture? Dan berikut adalah beberapa keuntungan memilih custom furniture :

Harga furniture bisa disesuaikan dan fleksibel
Karena sobat bisa memodifikasi custom furniture dari mulai bahan, model, warna, harga dan lain-lain. Sobat bisa negosiasi terlebih dahulu furniture apa yang akan dibuat dan perhitungan budgetnya seperti apa. Setelah itu bahan dan model furniture bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan dan kemampuan sobat. Lebih fleksibel, dengan kualitas yang lebih baik dan umur furniture akan lebih panjang. Pilihan tersebut mencakup model dan warna bahan furnitur berkualitas tinggi yang tak lekang oleh waktu.

Baca juga : Kenali Jenis dan Berbagai Hal Mengenai Kitchen Set

Tidak memakan banyak ruang
Inilah salah satu kelebihan furniture custom yang membuat banyak orang menyukainya. Tentunya saat membeli furniture yang sudah jadi, ukurannya tidak persis sesuai dengan luas ruangan. Misalnya, kamar anak dengan ruang yang terbatas akan terasa tidak nyaman jika ruangan terkesan sempit hanya karena lemari pakaiannya terlalu besar. Atau sebaliknya, dapur yang luas dan kebutuhan furnitur tidak akan terlihat pas, karena ukuran lemari dapur tidak sesuai dengan luas ruangan.

Sisa ruang dapat digunakan untuk keperluan lain agar lebih fungsional dan sederhana. Bukan hanya ukurannya, tapi juga bentuk ruangannya. Bentuk furnitur yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan dapat membuat ruangan terkesan lebih sempit, menjadi kurang rapi, dan kurang estetik.

Tentukan sendiri bahan, model maupun warna  


Tentunya saat membeli furniture yang sudah jadi, kita tidak bisa menentukan model, warna atau bahannya. Semua diterima dan siap pakai. Sementara itu, kita bisa memilih bahan dan pembuatan yang sesuai dengan anggaran untuk furnitur custom-made. Jika bahannya bisa dipilih, maka tentunya juga model dan warnanya. Demikian juga sobat bisa mencocokkan warna dengan konsep dan tema ruangan di rumah. Tidak jarang datang kesulitan untuk menemukan warna yang sobat inginkan di pasaran, maka custom furniture adalah solusinya!.

Dapat menutupi setiap sudut ruangan
Menggunakan furnitur yang sudah jadi seringkali menyisakan celah atau sudut yang dibiarkan terbuka didalam suatu ruangan. Hal ini tentunya berpengaruh pada kebersihan ruangan yang sebenarnya bisa dihindari jika sobat menggunakan custom furniture. Dengan custom-made furniture, sudut ruangan akan terisi dan tidak menyisakan celah sekecil apapun, lebih bersih dan tentunya lebih hemat.

Mereka lebih bermanfaat, fungsional


Kita sering menemukan furnitur dengan lebih dari satu fungsi. Misalnya tempat tidur anak dengan tempat penyimpanan berupa kotak, kursi dengan rak buku atau meja makan yang bisa dilipat menjadi bar. Fungsi furnitur bisa ditambahkan agar fungsional dan kompak sesuai kebutuhan sobat!. Sobat bisa menanyakan custom furniture apa yang diinginkan, bahkan sobat bisa mengkombinasikan lebih dari dua fungsi. Yang terpenting adalah perencanaan dan pemodelan yang baik. Saat ini banyak sekali referensi tentang furniture multifungsi yang dibuat secara custom. Selain lebih emat ruang dan tentunya akan lebih efisien.

Baca juga :Mengenal Jenis dan Tipe Tangga Dalam Dunia Properti

Dengan cara ini, kualitas furnitur bisa dipertahankan lebih lama, dan model furnitur tidak rusak seiring waktu. Dari poin-poin di atas, sobat bisa melihat bahwa custom furniture memiliki banyak keunggulan dibandingkan furniture yang sudah tersedia. Jadi tidak ada lagi alasan kan bagi sobat untuk ragu menggunakan costum furniture?.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *