Posted on

Keuntungan Ketika Menerapkan Konsep Minimalis Pada Rumah Yang Tidak Terlalu Besar

Memiliki sebuah rumah dengan berukuran minimalis seringkali menjadi kendala ketika sobat tidak dapat mengatur furnitur di dalamnya. Kesalahan besar jika sobat memilih furnitur sesuka hati dan membeli semua perlengkapan yang tidak cocok. Sobat harus terlebih dahulu menentukan konsep dasar dari rumah minimalis dan bagaimana sobat akan mengatur furnitur di dalamnya. Seringkali mengatur ruang tamu menjadi satu hambatan bagi sobat karena keterbatasan ruang. Yang pasti, sobat tidak perlu khawatir karena nantinya sobat bisa menggabungkan ruang tamu dan ruang menonton televisi apabila benar-benar tidak memiliki ruangan yang tersisa. Maka dengan ini sobat tidak perlu membeli kursi dan meja yang berbeda bahkan hal tersebut justru akan membuat ruang dalam rumah sobat menjadi penuh. Saat ini kebanyakan pemilik rumah memilih gaya minimalis karena sangat cocok digunakan pada hunian yang sempit.

Ada banyak keunggulan yang akan sobat dapatkan ketika menerapkan desain minimalis untuk hunian yang sempit. Berikut ini beberapa keunggulan yang akan sobat dapatkan :

1. Mengurangi tekanan stres


Disaat sobat ingin pulang dari pekerjaan dan menghilangkan tekanan atau stres selama bekerja, rumah yang nyaman dapat memberikan ketenangan serta bisa melepaskan stres akibat terlalu capek bekerja. Namun, jika sobat disaat pulang bekerja menemukan rumah yang berantakan dan penuh dengan barang yang berceceran dimana-mana, sudah bisa dipastikan tingkat stres sobat akan bertambah. Banyak orang mengalami hal ini ketika mereka memiliki anak dan merasa tidak nyaman di rumah.

2. Terlihat lebih menarik


Jika rumah sobat memiliki gaya klasik yang penuh dengan barang-barang besar, pada gaya minimalis sobat hanya akan menemukan perabotan yang lebih kecil. Bahkan sangat mungkin untuk menerapkan konsep open space dengan menjadikan satu atau dua ruangan seperti ruang keluarga dan ruang tamu. Hal ini akan memudahkan akses sobat ketika berada di dalam rumah. Tidak hanya itu saja, penampilan dengan perabotan minimalis seperti meja tamu juga akan terlihat menarik. Anda cukup memilih satu jenis perabotan yang akan membuat ruangan menjadi lebih menarik. Sobat tidak perlu lagi memasukkan banyak aspek menarik dalam ruangan.

3. Akan mudah untuk dibersihkan


Seperti yang telah disebutkan pada poin diatas, ruangan dengan desain minimalis akan lebih mudah dibersihkan. Bentuk dari perabot yang digunakan akan lebih mudah dibersihkan dan tidak akan menyimpan kotoran. Bahkan sebuah perabot dapat digunakan untuk berbagai keperluan tidak hanya satu fungsi saja. Oleh karena itu sobat harus berpikir cermat untuk memilih meja tamu minimalis yang tidak hanya dapat difungsikan sebagai perabot meja saja. Namun ada banyak fungsi lain yang bisa digunakan meja tamu selain sebagai meja saja.

4. Lebih ekonomis


Jika berbicara mengenai dekorasi isi ruangan, maka ruang kecil adalah ahlinya dalam mengirit uang. Karena ruang terbatas, maka terbatas pula perabotan yang bisa dimasukkan ke dalamnya. Dampaknya, uang sobat akan aman dari pembelian perabotan yang terlalu banyak. Berbeda jika sobat memiliki hunian dengan lahan yang luas. Perabotan yang harus dimasukkan demi membuat ruang terlihat bagus akan sangat banyak dan menghabiskan uang.

5. Lebih ramah lingkungan


Karena rumah yang kecil, maka sobat tak harus memasang pendingin udara berkapasitas besar untuk mendinginkan seisi ruangan. Bahkan bisa saja mendinginkan suhu ruangan dengan cara alami, yaitu dengan memasang jendela yang langsung menghadap taman. Angin yang masuk dari alam, cukup untuk mendinginkan ruangan yang terbatas. Jendela juga bisa membantu sobat dalam hal menghemat energi listrik. Karena ruangan kecil, dua jendela saja sudah cukup untuk menerangi seluruh ruangan dengan cahaya alami. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada biaya tagihan listrik sobat. Setiap bulan, sobat tak harus mengeluarkan uang banyak untuk membiayai konsumsi energi listrik seisi rumah. Selain hemat, sobat juga turut menjaga keberlanjutan hidup lingkungan di sekitar sobat.

 

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *