Posted on

Perhatikan Beberapa Hal Ini Agar Ruang Kerja Lebih Tertata dan Nyaman

Kantor tempat kita bekerja terkadang sudah menjadi rumah kedua bagi kita seorang karyawan, tempat di mana sobat menyelesaikan semua tugas dan kewajiban bersama rekan kerja. Oleh karena itu, kenyamanan saat bekerja sangatlah penting. Perhatikanlah tata letak dan kenyamanan ruang kerja dimana sobat bekerja. Sobat tidak perlu membeli perabotan yang mahal atau mewah, yang terpenting adalah menciptakan suasana yang nyaman dan tenang di kantor dengan cara menata ruangan secara kreatif dan efisien.

Ruang kantor perlu didesain dengan nyaman agar para karyawan merasa betah dan tetap produktif saat bekerja. Meskipun ruangan kantor seringkali terbatas dan sempit, ada beberapa cara untuk menata ruangan agar terlihat lebih luas dan nyaman. Tujuan utama dari tata ruang kantor adalah untuk mencegah pemborosan waktu dan energi karyawan, memastikan kelancaran proses kerja, memungkinkan penggunaan ruang kerja yang lebih efisien, dan mencegah kebisingan yang mengganggu karyawan lain. Jika sobat ingin mengetahui cara menata ruang kantor yang sempit agar terlihat lebih luas dan nyaman, simaklah ulasan berikut ini sampai selesai.

Pilih furnitur multifungsi


Manfaatkan perabotan kantor yang multifungsi untuk mengatasi keterbatasan ruang. Sebagai contoh, saat membeli meja, pilihlah yang dilengkapi dengan ruang penyimpanan khusus sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli lemari. Selain meja, pastikan ukuran dan dimensi perabotan kantor disesuaikan dengan ruangan yang tersedia.

Memposisikan jendela di titik yang tepat


Menata ruang kantor yang terbatas agar terasa lapang dan nyaman dapat dilakukan dengan menjaga kesederhanaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan konsep ruang kerja minimalis-modern yang terlihat rapi dan trendi. Selain itu, pastikan ruangan kantor memiliki jendela yang menghadap ke luar agar sirkulasi udara di dalam ruangan menjadi lebih sehat. Pemilihan bentuk jendela juga perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan ukuran ruangan. Jika ruangan kerja memang sedikit kecil, pilihlah bingkai jendela yang berukuran sedang agar tidak terlalu menghabiskan ruang kosong pada dinding. Menempatkan jendela di dekat meja kerja juga dapat meningkatkan mood karyawan dengan tampilan pemandangan alam ataupun apapun yang menarik.

Gunakan opsi material kaca


Pengaturan tata letak ruang kerja yang terbatas agar terlihat lebih lapang dapat dicapai dengan menggunakan partisi kaca sebagai bahan material. Saat ini, banyak bangunan perkantoran di kota-kota yang menggunakan partisi kaca sebagai elemen desain utama. Sebagai contoh, dengan menggunakan dinding kaca sebagai material utama pada gedung perkantoran yang dapat memberikan kesan mewah dan eksklusif. Selain itu, penggunaan partisi kaca pada ruang kerja dapat memberikan kesan lapang pada ruangan. Pembangunan partisi kaca untuk ruang rapat juga terbukti efektif karena material kaca dapat meredam dan menyerap suara.

Persiapkan space penyimpanan khusus


Membuat area penyimpanan khusus adalah salah satu cara untuk mengatur ruang kerja yang terbatas. Tidak dapat disangkal bahwa kesibukan dalam bekerja sering membuat kita lupa menyimpan dokumen atau peralatan pada tempatnya. Jika dibiarkan, kebiasaan menumpuk barang dapat membuat ruang kerja menjadi lebih sangat. Menambahkan lemari atau loker khusus adalah pilihan yang baik agar barang-barang tidak berceceran. Selain membuat ruangan terlihat lebih luas, penyimpanan khusus juga memudahkan dalam mencari barang-barang yang diperlukan.

Maksimalkan pencahayaan


Maksimalkan pencahayaan dalam ruangan merupakan faktor penting saat menata ruang kerja. Hal ini akan menciptakan suasana yang luas dan nyaman, serta memudahkan kegiatan di dalamnya. Jika ruang kantor kurang terang, maka akan terlihat sempit dan menghambat aktivitas. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pencahayaan agar suasana kerja lebih nyaman. Untuk mencapai pencahayaan yang optimal, dapat menambahkan lampu tambahan di ruang kerja yang jauh dari jendela. Ingatlah untuk selalu memperhatikan faktor pencahayaan saat menata ruang kerja kantor.

Pilihlah cat dinding minimalis


Penggunaan cat dinding minimalis adalah solusi yang tepat untuk menata ruang kantor yang sempit selain menggunakan bahan kaca. Konsep kantor minimalis biasanya memilih warna dinding yang alami seperti putih, krem, cokelat, dan lain-lain. Warna cat dinding minimalis tersebut memberikan kesan lapang dan luas pada ruangan kantor yang sempit. Selain itu, warna-warna tersebut juga mampu memberikan tampilan yang lebih cerah dan memberikan kesan nyaman pada ruangan.

Tidak menggunakan dinding pembatas


Metode mengatur ruang kantor yang kecil selanjutnya adalah dengan menerapkan konsep kantor terbuka atau kantor tanpa dinding pembatas. Saat ini, banyak kantor di Jakarta dan kota-kota besar lainnya yang menerapkan konsep tersebut. Ruang kerja tanpa dinding pembatas membuat kantor terlihat lebih cerah dan luas. Sehingga komunikasi dan interaksi antar pegawai menjadi lebih mudah.

Itulah beberapa cara untuk mengatur ruang kantor yang kecil agar terasa lebih luas dan nyaman. Selamat mencoba!

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *