Posted on

Menentukan Desain Eksterior Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis saat ini memang sedang diminati oleh masyarakat. Sebab desain tersebut cukup mudah untuk diterapkan, dengan tampilan yang simpel namun tetap terlihat menawan. Bahkan rumah yang dibangun di atas lahan dengan luas terbatas pun akan tampak menarik. Oleh karena itu, yuk simak tips menerapkan desain eksterior rumah minimalis yang menarik berikut ini.

Perhatikan Elemen Eksterior Rumah

Alasan kenapa bagian eksterior penting didesain sedemikian rupa pada rumah minimalis ? Sebab eksterior rumah adalah bagian yang akan pertama kali dilihat oleh orang lain, ketika bertamu atau sekedar melintas di depan rumah sobat. Sehingga eksetrior rumah ini ibaratkan sebagai wajah hunian yang merepresentasikan bagaimana interiornya.

Jadi apabila sobat ingin menerapkan desain rumah minimalis, mulailah dari bagian eksterior. Dalam hal ini, terdapat beberapa elemen eksterior rumah yang harus diperhatikan supaya dapat menonjolkan desain hunian minimalis tersebut. Berikut beberapa elemen yang harus sobat cermati lebih lanjut.

1. Pemilihan Warna Cat

Warna cat pada dinding luar rumah adalah elemen pertama yang harus diperhatikan dalam eksterior rumah minimalis. Supaya sesuai dengan tema minimalis dan gaya yang sobat inginkan, maka sangat penting untuk menerapkan perpaduan cat rumah yang cocok. Rumah minimalis sendiri umumnya banyak menggunakan warna warna yang netral dan dingin.

Contohnya seperti warna putih, krem, cokelat, abu, atau bisa juga biru langit. Sobat pun dapat menggunakan warna yang lebih hangat seperti abu tua, cokelat kayu, salem, dan merah bata apabila ingin menerapkan gaya minimalis pedesaan. Bahkan warna hitam juga bisa dijadikan sebagai pilihan. Ini akan memberikan kesan simpel, elegan, dan stylish dalam satu waktu.

2. Bagian Teras

Dalam membuat teras di rumah, pastikan sobat memaksimalkan desain eksterior di area tersebut. Karena umumnya teras dibuat sebagai area terbuka untuk tempat bersantai. Dengan kata lain, area tersebut bisa dilihat dari luar sehingga desain eksterior hunian akan dipengaruhi oleh tampilan teras sobat.

Dan dalam hal ini banyak model desain yang dapat dijadikan pilihan, tinggal disesuaikan dengan gaya serta suasana yang anda inginkan saja. Misalnya anda ingin menghadirkan suasana natural. Maka teras dapat dibuat sebagai taman kecil dengan tanaman hijau dan bunga menyegarkan. Ditambah kanopi baja ringan yang menaungi teras supaya makin teduh dan sejuk.

3. Bentuk Jendela

Bermain di jendela eksterior adalah kunci dari menerapkan desain minimalis. Sebab desain eksterior rumah minimalis umumnya selalu dibuat dengan jendela jendela besar. Sebenarnya tujuan utama dari membuat jendela besar ini adalah supaya cahaya alami dari luar bisa masuk ke dalam rumah. Sehingga ruangan pun tampak lebih lega dan leluasa.

Namun siapa sangka jika penggunaan jendela besar juga dapat berpengaruh besar terhadap tampilan eksterior. Sebab ada beberapa perumahan yang menonjolkan penggunaan jendela sehingga lebih eye catching, dan fasad pun tampak lebih menawan namun tetap memiliki tema

4. Bentuk Atap

Sebagai bagian tertinggi yang berperan melindungi para penghuni rumah serta barang barangnya dari hujan dan panas matahari, atap tentu menjadi elemen eksterior yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Memastikan desainnya dengan baik bukan hanya mempercantik hunian sobat, tapi juga bisa membuat anda merasa lebih nyaman selama berada di rumah.

Sebab pemilihan material dan desain yang kurang tepat berisiko membuat atap mudah bocor atau suasana terasa lebih mudah panas di dalam rumah. Jadi pastikan untuk memilihnya secara seksama. Untuk tampilan rumah minimalis modern sendiri, biasanya digunakan jenis atap beton cor agar dapat menciptakan gaya atap flat. Atau bisa juga memakai atap tanah liat dan keramik

5. Konsep Taman

Bagian depan rumah akan lebih bagus apabila dilengkapi dengan taman. Selain membuat hunian terasa lebih sejuk dan asri, taman membuat eksterior rumah minimalis anda tampak semakin cantik. Sebab elemen ini mampu menciptakan keseimbangan antara bangunan yang modern dengan sentuhan alam.

Hadirnya warna hijau dari pepohonan atau tanaman hias di taman akan membuat rumah anda tampak lebih hidup. Sobat pun bisa lebih mempercantiknya dengan menghadirkan kolam ikan serta dekorasi batu alam. Boleh juga ditambahkan lampu sorot supaya dapat menekankan tampilan gaya rumah modern di malam hari.

Baca juga : Dari Klasik hingga Kontemporer : Menyelusuri Gaya Fasad Rumah yang Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *