Posted on

Tips and Trick Mengatasi Plafond Gypsum Secara Cepat dan Tepat

Penggunaan plafon gypsum kini sedang populer untuk menciptakan tampilan rumah yang lebih menarik dan elegan. Selain itu, berbagai manfaat juga akan didapat ketika memasang plafon gypsum tersebut. Dinding rumah akan terlihat lebih rapi dan indah. Saat memasuki musim hujan, pemilik rumah seringkali kesulitan menghadapi masalah kebocoran. Tentunya keadaan seperti ini tidak hanya mengganggu kenyamanan penghuni rumah, hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang serius jika tidak segera ditangani.

Permasalahan kebocoran yang hampir sering dialami adalah munculnya bocor pada plafon akibat dari air yang menetes dari atap rumah. Dampak dari hal ini adalah dapat menyebabkan plafon melengkung atau bahkan berubah warna. Sebenarnya, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menangani masalah ini. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kebocoran pada plafon.

1. Periksa kebocoran atap


Jika terdapat tanda-tanda kebocoran yang berasal dari langit-langit di bawah loteng atau langsung di bawah permukaan atap, mungkin ada kerusakan atau lubang pada genteng yang menjadi penyebabnya. Selain itu, faktor penyebab kebocoran juga bisa dikarenakan adanya sistem pipa atau AC dengan kondensor yang terletak di loteng yang tidak berfungsi dengan baik atau bermasalah dalam situasi tertentu.

2. Meminimalkan kerusakan lebih parah


Ketika terlihat perubahan warna atau tanda-tanda air menetes, ketahuilah bahwa mungkin ada lebih banyak air yang tersembunyi di atas drywall. Untuk meminimalkan kerusakan lebih lanjut, lubangi langit-langit yang rusak dan biarkan air mengalir ke dalam ember. Drywall yang lembab akan kering dengan baik jika air dikeluarkan dengan cepat. Namun, jika air tergenang dalam waktu yang lama, akan menyebabkan pertumbuhan jamur dan kerusakan plafon yang lebih parah.

3. Temukan titik kebocoran


Apabila sobat dapat memasuki loteng, carilah titik atau area di mana air tersebut muncul. Kebocoran dapat terlihat dari perubahan warna atau air yang mengalir di atas langit-langit. Setelah menemukan titik masuk air melalui atap, tusukkan kawat logam melalui lubang tersebut agar terlihat dari permukaan luar atap. Hal ini untuk lebih memudahkan sobat memperbaiki keocoran tersebut dari bawah.

4. Perbaiki titik kebocoran


Memperbaiki kebocoran pada atap bisa dibilang tidak terlalu sulit untuk masalah kebocoran yang biasa. Hanya perlu menggunakan sedikit semen untuk menutupi kebocoran pada atap. Atau, mungkin jika diperlukan sobat merencanakan penggantian atap yang sudah usang dan tidak dapat menahan air lagi. Siapkan beberapa peralatan seperti semen atap, kape, pistol pendempul, dan lain sebagainya.

5. Proses perbaikan atap


Pada proses perbaikan atap ini, sebenarnya sobat tidak bisa menganggap sepele, karena akan melibatkan pekerja serta proses pengerjaannya berada beberapa meter di atas tanah. Sebagian besar pemilik tempat tinggal lebih menggunakan jasa seorang ahli atap atau professional buat menangani perbaikan atap tersebut. Namun, jika mempunyai atap rendah dan mungkin cukup datar, proses perbaikan dapat dilakukan sendiri. Perbaikan flashing atau penggantian genteng diusahakan dikerjakan oleh profesional, tidak peduli seberapa mudah diaksesnya atap rumah tersebut.

6. Pilihlah tangga yang kokoh


Sangat penting untuk melakukan perbaikan ketika cuaca sedang cerah. Jangan sekali-kali mendaki atap yang basah. Cari lokasi yang sebelumnya telah ditandai sebagai tempat yang rusak. Kumpulkan peralatan perbaikan dan persediaan dan simpan di dekat area yang rusak.

Itulah beberapa tips and tricks dari Djong Design yang bisa sobat gunakan untuk mengatasi plafond ataupun atap rumah yang bocor karena hal-hal diatas. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan jika memerlukan tenaga profesional untuk mengerjakan perbaikan atau renovasi rumah sobat, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *