Posted on

Tips and Tricks Memilih Lampu Hias Yang Cocok Untuk Ruang Tamu

Agar ruang tamu terlihat lebih nyaman, sobat bisa memperindahnya dengan menambahkan lampu hias dalam beragam jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan ruang. Dengan konsep mengkombinasi yang tepat, lampu hias juga bisa menjadi salah satu unsur dekoratif yang memperindah tampilan ruangan. Bukan hanya memiliki fungsi sebagai sumber cahaya saja, lampu hias pun dapat memberikan nilai lebih baik dari nuansa dan kehangatan di dalam ruang tamu.

Lampu hias memiliki karakteristik dan efek pencahayaan yang berbeda-beda, sehingga selain desainnya, pengguna juga harus memperhatikan ukuran, tata letak, dan tujuan pemasangannya. Ada baiknya sobat memilih jenis lampu hias yang sesuai dengan karakter ruangan serta aktivitas yang akan dilakukan di ruang tamu.

Berikut beberapa jenis lampu hias yang bisa ditambahkan untuk memperindah ruang tamu di rumah sobat :

1. Lampu hias gantung


Penggunaan lampu hias dengan model lampu menggantung untuk ruang tamu sebaiknya disesuaikan dengan ukuran atau luas ruangan tamu sendiri. Jika ruang tamu sobat terbatas, pilih lampu hias gantung dengan model sederhana dan ukuran yang tidak terlalu besar. Sebaliknya, jika ruangan tamu lumayan luas, sobat bisa menggunakan lampu hias gantung berukuran besar dengan desain lampu yang unik. Buatlah lampu hias gantung sobat sebagai salah satu aksen ruangan untuk membuat ruang tamu menjadi lebih menarik. Untuk ukuran lampu hias gantung ada baiknya tidak lebih dari 20-30 persen dari luas ruangan agar tidak terlalu mencolok atau bahkan tidak terlihat.

Untuk masalah ketinggian dalam pemasangan lampu juga memang harus lebih diperhatikan dengan seksama. Sesuaikan tinggi plafon dengan pemasangan lampu yang akan sobat pasang. Apabila plafond ruangan terlalu tinggi dan posisi lampu hias gantung dipasang terlalu tinggi atau bahkan terlalu pendek, maka penyebaran cahaya dari lampu hias tersebut tidak merata menerangi seluruh ruangan. Nantinya fungsi lampu hias gantung juga tidak akan optimal jika pemasangannya tidak sesuai standar. Jika posisi plafon di rumah sobat rendah, lampu yang dipasang terlalu panjang juga dapat mengganggu kenyamanan dan berbahaya bagi sobat sekeluarga. Ketinggiannya lampu hias gantung ini sebaiknya 30 cm dari atas kepala. Pastikan pula pencahayaan yang dihasilkan oleh lampu hias gantung tersebut cukup untuk menerangi seluruh ruangan.

2. Lampu hias meja


Selain dapat menambah elemen estetika ke dalam ruang tamu sobat, lampu dekoratif dengan jenis lampu meja ini dapat mengatur pencahayaan dalam ruangan sehingga memengaruhi keseluruhan suasana. Tidak hanya berfungsi sebagai sumber cahaya tambahan ketika dibutuhkan, lampu meja juga dapat menjadi pelengkap dekorasi di ruang tamu. Memilih lampu meja tidak hanya untuk memberikan pencahayaan saja, tetapi juga untuk mengubah suasana ruang tamu sobat sehingga terasa nyaman dan menenangkan. Sobat juga harus mempertimbangkan posisi yang tepat untuk meletakkan lampu hiasa meja ini agar lebih sesuai tampilannya.

3. Lampu hias berdiri


Lampu hias berdiri tidak hanya akan membuat suasana rumah sobat terlihat lebih terang, tetapi juga dapat menambah pencahayaan khusus dan membuat ruang tamu sobat terlihat lebih estetik. Lampu hias berdiri ini dapat memberikan pencahayaan tambahan pada setiap sudut ruangan sobat. Selain bermanfaat untuk menerangi ruangan, lampu hias jenis ini juga dapat mempercantik tampilan ruang tamu sobat. Terdapat berbagai pilihan bentuk dan warna yang dapat disesuaikan dengan tema dan desain ruang tamu di rumah sobat. Dengan memilih lampu berdiri yang tepat, suasana ruangan tamu sobat akan terasa lebih hangat dan nyaman.

4. Lampu hias dinding


Selain membantu pencahayaan dari lampu utama, lampu hias dinding di ruang tamu juga mempunyai fungsi khusus untuk menerangi secara detail dekorasi ataupun aksesoris, seperti lukisan, foto, hiasan dinding lainnya, atau bahkan untuk lebih fokus menerangi area-area tertentu dalam ruangan. Penggunaan lampu hias dinding yang akan menyinari secara khusus ke objek yang diinginkan, sehingga objek tersebut dapat lebih menampilkan visual yang menarik ketika sobat ataupun tamu yang melihatnya. Lampu hias dinding juga dapat dimanfaatkan sebagai lampu yang berfungsi untuk mempermudah suatu aktivitas tertentu, seperti membantu sebagai lampu baca. Dengan adanya lampu hias dinding ini, nantinya dekorasi dan hiasan di dalam ruangan akan terlihat lebih menarik dan sobat pun bisa menikmati berbagai aktivitas pada malam hari dengan nyaman di ruang tamu tersebut.

Sebagai suatu area publik dalam sebuah rumah tinggal, ruang tamu sebaiknya dilengkapi dengan lampu dekoratif yang pas dan sesuai sekaligus mencerminkan karakteristik dan tema desain seluruh ruangan. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat bagi sobat sebagai panduan memperindah rumah dan isinya.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *