Posted on

Tips Memasang Kitchen Set Di Dapur Tanpa Harus Ribet

Memiliki kitchen set di dapur rumah tentunya menjadi impian para ibu rumah tangga yang selain terbantu dengan adanya tempat menyimpan keperluan dan peralatan dapur juga menambah estetik dekorasi dapur tersebut. Sebagai sebuah inovasi baru dalam dunia furnitur, kitchen set atau lemari gantung sangat berguna untuk menyusun serta merapikan aneka macam peralatan rumahan. Nah ketika sobat membeli kitchen set sendiri dan ingin memasangnya, terkadang hal itu menjadi satu kendala. Padahal cara memasang kitchen set pada dinding dapur sebetulnya tidak terlalu suli dan merepotkan. Tetapi sayang, banyak orang yang masih tidak paham dan kebingungan untuk melakukannya.

Penataan letaknya pun tidak memakan banyak ruang. Pasalnya lemari ini dipasang menggunakan cara digantung atau ditempel ke dinding dapur. Tentu kitchen set ini menjadi solusi yang sangat berguna terutama bagi sobat yang mempunyai rumah minimalis atau tempat tinggal yang ukurannya tidak terlalu luas. Namun, terkadang ukurannya yang besar dan juga lumayan berat pasti akan membuat sobat menjadi sedikit kesulitan untuk memasang kitchen set sendirian. Bukan begitu?

Tenang saja, tidak perlu khawatir akan kendala ketika memasang kitchen set, caranya gampang serta alatnya sederhana, kok! Agar kitchen set gantung bisa terpasang dengan baik pada dinding, tentu terdapat beberapa komponen penting yg wajib disiapkan. Alat-alat tadi juga wajib dipastikan berkualitas baik dan bukan asal agar daya tahannya bertenaga & awet. Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk memasang kitchen set gantung, diantaranya : Bor listrik buat melubangi tembok, Mata bor spesifik tembok biasa/tembok beton, Mata bor spesifik kayu, Obeng plus atau minus, Sekrup secukupnya, Palu, Pulpen, Waterpass dan Fischer.

Tahapan memasang kitchen set lengkap

1. Membuat lubang pada kitchen set


Pertama-tama, buatlah empat butir lubang pada keempat sudut belakang kerangka kitchen set menggunakan bor listrik. Pastikan mata bor yang dipakai merupakan mata bor kayu jangan memakai mata bor besi, supaya kitchen set tidak rusak. Agar hasilnya bagus, ukuran mata bor wajib disesuaikan dengan ukuran sekrup.

2. Posisikan kitchen set dengan benar
Langkah berikutnya, atur posisi lemari di tembok supaya penempatannya sinkron dengan ketinggian yang diinginkan. Jangan lupa pula ukur tingkat kerataan posisi lemari memakai waterpass supaya tidak miring. Jika sudah rata, tandai memakai pulpen lubang yang akan dipakai untuk memasang sekrup.

3. Membuat lubang pada tembok
Setelah sobat menentukan posisi lubang yang sudah ditandai sesuai dengan keinginan, sekarang saatnya melubangi tembok untuk menanamkan fischer. Sebaiknya, gunakanlah mata bor beton pada bor listrik supaya bisa melubangi tembok dengan lancar. Buatlah lubang sesuai tanda yang sudah ditandai serta ulangi sampai semua lubang terselesaikan dikerjakan.

4. Tambahkan fischer pada lubang


Langkah berikutnya adalah memasang fischer pada lubang yang ada di tembok yang sudah dibuat tadi dengan bor. Jangan lupa pula untuk perkuat daya cengkram fischer dengan cara dipukul memakai palu sampai posisinya nampak kencang. Fischer bermanfaat untuk mengencangkan lubang supaya posisi lemari gantung lebih kokoh ketika dipasang.

5. Pemasangan kitchen set
Setelah fischer dipasang dan lubang telah siap, kini saatnya untuk memasang kitchen set di dinding. Pasanglah kitchen set dengan posisi yang sesuai dan telah diatur sebelumnya serta pastikan posisi setiap lubang sekrup pada kitchen set pas dengan posisi fischer. Pertahankan posisi tersebut dan upayakan fischer jangan sampai bergeser. Apabila lubang kitchen set telah berada dalam posisi yang pas dengan fischer, berarti sobat sudah bisa mengencangkannya memakai sekrup. Ambil sekrup dengan berukuran yg sinkron lubangnya dan masukan ke pada lubangnya hingga menembus fischer. Jangan lupa kencangkan sekrup memakai obeng agar sekrup tidak mudah terlepas.

6. Cek ulang proses dari awal
Hal terakhir yang harus diperhatikan ketika memasang kitchen set yakni, sobat hanya perlu mengecek ulang seluruh langkah yang tadi sudah dilakukan. Pastikan pula seluruh aspek misalnya kerataan kitchen set serta sekrup terpasang dengan benar dan kencang. Jika sobat sudah yakin berarti kitchen set sudah siap digunakan!.

Itulah beberapa tips yang bisa sobat lakukan ketika akan memasang kitchen set sendiri di rumah. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi kepada sobat semua. Dan jika sobat ingin membuat costum kitchen set seperti yang sobat impikan, jangan lupa untuk segera menghubungi Djong Design.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *