Posted on

Tips Membangun Rumah Dengan Kondisi Tanah Yang Miring

Sulitnya mencari lahan untuk tempat tinggal apalagi di daerah perkotaan sangat mempengaruhi keputusan seseorang untuk membeli atau membangun rumah tinggal di beberapa kondisi tanah tertentu. Kontur tanah yang miring biasanya sangat dihindari orang saat ingin membangun rumah. Faktor keselamatan dan kekhawatiran akan adanya kerusakan jika ada bencana alam menjadi alasan utama nya. Meski sebenarnya struktur ini bisa menjadi daya tarik dan pembeda dari sebuah pemukiman. Agar tidak bingung saat membangun, simak beberapa tips berikut untuk mendesain rumah tinggal di tanah yang miring tetapi tetap menarik.

Membangun rumah dengan kondisi tanah yang miring memang pekerjaan yang sangat tidak mudah, tapi bukan berarti suatu hal tidak mungkin. Tentu saja, meski proses perhitungan dan pelaksanaan untuk membentuk bangunannya rumit, ketika rumah tersebut sudah selesai maka harga jualnya pun akan menjadi lebih tinggi. Karena struktur lahan yang miring akan memberikan keunikan tersendiri pada bangunan tersebut.

Beberapa keuntungan membangun rumah dilahan miring


Meskipun sangat jarang, beberapa orang justru lebih suka membangun rumahnya di tanah yang miring atau lereng perbukitan. Mungkin ada sebagian orang memilih untuk meratakan tanah yang miring itu untuk dipakai membangun rumah, sementara yang lain ada yang membiarkan kondisi apa adanya. Padahal, untuk membangun sebuah rumah permukaan tanah nya tidak perlu rata, karena justru akan hilang estetik dan daya tariknya. Selain memberikan kesan estetik, ada beberapa keuntungan menggunakan lahan miring untuk membangun sebuah rumah diantaranya :

• Harga tanah pastinya akan lebih murah jika dibandingkan dengan tanah yang rata atau datar permukaannya.
• Setelah pekerjaan konstruksi selesai, rumah sobat akan memiliki tampilan yang unik.
• Mencerminkan pemiliknya yang berjiwa muda dan cita rasa seni yang tinggi.
• Jika sobat dapat membangun rumah yang bagus dengan memanfaatkan kondisi kemiringan tanah, maka harga jual rumah tersebut akan melambung.

Tips membangun rumah di lahan miring
1. Perhatikan kekuatan tanah


Jika sobat ingin membeli tanah lereng bukit untuk membangun rumah, sebaiknya perhatikan dulu kualitasnya. Pada umumnya tanah miring memiliki permukaan yang lunak dan tidak stabil. Jika sobat ingin membangun rumah, pastinya akan membutuhkan tanah yang keras dan padat. Sehingga bangunan dapat berdiri kokoh meski berada di lereng yang miring.

2. Perhatikan faktor kemiringan  


Setelah sobat menemukan lokasi tanah dengan kualitas tanah yang cocok, jangan lupa untuk memperhatikan kemiringan tanah tersebut. Perhatikan tinggi serta sudut kemiringan dari lahan, lokasi jalan, dan bangunan di sekitarnya. Setelah nya sobat bisa langsung membuat desain rumah yang diinginkan. Disarankan untuk memilih lokasi dengan struktur lebih rendah di depan daripada di belakang agar rumah lebih aman.

3. Buat struktur bertingkat


Metode konstruksi dengan struktur rumah bertingkat sangat direkomendasikan untuk bangunan dengan kontur miring. Membangun rumah tingkat di lokasi tanah dengan kontur miring tidak hanya meningkatkan kekuatan, tetapi juga mengurangi biaya pengerukan tanah. Jika sudut kemiringannya tidak terlalu besar, perbedaan ketinggian pada masing-masing ruangan dapat dihubungkan dengan tangga yang landai.

4. Struktur pondasi yang kuat


Pondasi rumah harus menjadi perhatian utama saat mendesain rumah tinggal dengan kontur tanah yang miring. Penggunaan pondasi tiang pancang sangat dianjurkan untuk memastikan bangunan tertopang dengan baik dan kuat. Setelah pondasi stabil, sobat dapat melanjutkan proses membangun rumah secara normal. Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk menggunakan jasa kontraktor profesional atau perusahaan konstruksi berpengalaman.

5. Bangun dinding penahan


Jangan lupakan bagian belakang dari rumah sobat yang dibangun di lokasi tanah yang miring juga perlu dibangun dinding penahan. Hal ini bertujuan agar bagian belakang rumah sejajar dengan bagian depan. Agar bangunan menjadi lebih kuat dan tidak mudah runtuh saat terjadi bencana alam. Namun, ini hanya dapat diaplikasikan untuk lahan dengan ketinggian maksimal 2 meter saja.

Itulah beberapa tips dan ide membangun rumah di lokasi lahan yang kondisi tanah nya miring. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi bahan referensi ketika sobat akan membangun rumah dengan kondisi tanah yang kurang diharapkan.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *