Posted on

Tips Membuat Gudang Untuk Rumah Minimalis

 

Membuat sebuah hunian tanpa mempertimbangkan keberadaan gudang, sama halnya dengan menciptakan sebuah struktur bangunan yang tidak lengkap. Gudang memiliki peran vital dan penting, yang tidak tergantung pada ukuran rumah. Terutama di rumah dengan ukuran yang minimalis, gudang menjadi sangat penting. Jelas bahwa keberadaan gudang sama pentingnya dengan ruang lain dalam sebuah hunian. Mungkin saja sobat pernah berpikir, mengapa harus membuat gudang ketika masih banyak kebutuhan ruangan lain dan lahan terbatas. Jika sobat berpikir bahwa gudang haruslah berupa ruangan terpisah, pendapat tersebut bisa dipahami. Namun, kenyataannya gudang dapat dibuat dengan memanfaatkan celah kosong, dinding yang luas, atau berkreasi dengan area tertentu di sekitar hunian.

Mempunyai ruang penyimpanan di dalam rumah dapat sangat berguna untuk menyimpan berbagai barang. Namun, banyak pemilik rumah yang tidak menyediakan ruangan khusus sebagai gudang karena keterbatasan ruang. Jadi, apakah penting untuk memiliki gudang di dalam rumah? Dan apa saja manfaat dari memiliki gudang di dalam rumah?. Mempunyai gudang di dalam sebuah rumah sangatlah krusial karena barang-barang yang sudah tidak terpakai sering kali dibiarkan menumpuk di dalam rumah oleh pemiliknya. Ini dapat menyebabkan rumah terlihat berantakan karena tidak ada tempat untuk menyimpan barang-barang yang tidak digunakan lagi. Oleh karena itu, rumah yang tidak dilengkapi dengan ruang penyimpanan dapat dianggap sebagai bangunan yang tidak lengkap dalam desainnya.

Agar sobat dapat menciptakan sebuah gudang di dalam rumah, tidak selalu diperlukan ruangan yang khusus disiapkan. Sebuah gudang di dalam rumah dapat dibuat dengan memanfaatkan space kosong, area dinding yang luas, atau bahkan dengan berkreasi pada bagian-bagian tertentu di sekitar rumah. Selain untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai atau jarang digunakan, gudang juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang penting dan dihargai. Itulah sebabnya keberadaan sebuah gudang itu sangatlah diperlukan.

Pembahasan berikut akan merubah pandanganmu selama ini mengenai urgensinya keberadaan gudang di dalam rumah, tidak peduli seberapa besar atau kecil rumah tersebut meskipun terkadang luasnya terbatas. Karena, yang dibutuhkan hanyalah kreativitas dalam memanfaatkan ruangan yang ada, sedangkan untuk fungsi gudang, sudah jelas no debat, harus ada!. Dan berikut adalah 4 poin penting yang seharusnya sobat ketahui sebelum membuat gudang.

1. Bisa diposisikan di tempat mana saja 


Jika rumah sobat terbatas dalam masalah luas, tidak perlu memaksakan diri untuk membuat ruang khusus untuk gudang. Gudang tidak harus terlalu besar. Meskipun kecil, penting untuk tetap rapi, produktif, dan serbaguna. Gudang tidak perlu menonjolkan keberadaannya. Gudang dapat didesain menjadi ruang tertutup di luar rumah atau dapat menyatu dengan ruang lain di dalam rumah. Sobat dapat memanfaatkan celah kosong, dinding yang luas, atau berkreasi dengan area tertentu di sekitar rumah. Dalam perencanaan tata ruang, gudang biasanya ditempatkan di area kerja yang tersembunyi, seperti di dekat ruang mencuci, dekat garasi, di halaman belakang, di ruang bawah tanah, dan di atas plafon atau loteng.

2. Menjadi ruang serbaguna


Tempat penyimpanan atau gudang adalah area multifungsi yang dapat menampung berbagai peralatan rumah tangga dengan berbagai ukuran, baik kecil, sedang, atau besar. Barang-barang tersebut dapat berupa barang yang tidak digunakan lagi, masih digunakan, atau mungkin akan digunakan di kemudian hari. Seperti mainan anak-anak, ataupun sepeda yang biasa sobat pakai ketika berolahraga dan setelahnya disimpan di gudang.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan


Sebenarnya gudang juga dapat diubah fungsi menjadi ruang untuk hobi, kerajinan tangan, dan kegiatan lainnya, selain hanya sebagai tempat penyimpanan barang. Gaya hidup dan kegiatan sehari-hari pemilik rumah juga menjadi faktor penting dalam merancang gudang. Desain gudang seharusnya lebih memperhatikan ke faktor fungsinya. Fungsi-fungsi dalam interior gudang harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada dan sesuai dengan kapasitas rumah sobat.

4. Konsep 3 dimensi


Ketika merancang interior gudang, penting bagi sobat untuk mempertimbangkan konsep tiga dimensi yang meliputi panjang, lebar, dan tinggi ruangan. Dalam hal ini, sobat harus berpikir secara vertikal dan horizontal. Memahami bentuk tiga dimensi akan membantu dalam menata barang berdasarkan jenis dan ukuran, serta mengatur frekuensi pemakaian barang yang aktif dan non-aktif.

5. Perhatikan beberapa faktor X lainnya 


Faktor sirkulasi udara atau ventilasi harus diperhatikan dan memadai agar kelembaban ruangan gudang tidak meningkat, yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur yang cepat. Pastikan tidak ada celah atau jalan masuk yang dapat dimanfaatkan tikus. Selalu periksa kondisi gudang secara berkala, jika terdapat kebocoran segera lakukan perbaikan. Pastikan juga posisi gudang tidak terkena sinar matahari langsung agar barang-barang yang disimpan di dalamnya tetap terjaga kualitasnya.

Nah, itu lah tadi beberapa tips dan ide dari ruang penyimpanan alias gudang pada rumah minimalis yang bisa sobat aplikasikan.Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menggunakan jasa Djong Design untuk segala keperluan desain, interior muapun arsitektur sobat semua.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *