Posted on

Tips Memilih Atap Rumah Yang Bagus dan Sesuai

Sebelum menciptakan tempat tinggal ada hal yang wajib sobat perhatikan yakni mengenai atap rumah atau genteng. Genteng adalah finishing penutup atap yang memiliki manfaat yang cukup besar baik berdasarkan segi fungsi juga keindahan. Dari segi fungsi, genteng bermanfaat supaya bisa melindungi ruangan dalam rumah dari kondisi cuaca seperti panas, hujan dan sebagainya. Sedangkan berdasarkan dari segi keindahan, genteng bisa menciptakan kesan tertentu tergantung berdasarkan konsep tempat tinggal sobat.

Memilih genteng tempat tinggal mempunyai beberapa pertimbangan sebelumnya. Tidak hanya berdasarkan segi keindahan melainkan berdasarkan segi kualitas material pun wajib diperhitungkan. Sekarang ini poly sekali contoh & jenis genteng pada pasaran sebagai akibatnya anda pun mampu menentukan genteng yg sinkron menggunakan konsep tempat tinggal anda.

Pada artikel ini akan diberikan tips secara umum, apa saja yg perlu dipertimbangkan ketika akan membeli genteng. apabila anda menginginkan desain atau contoh genteng usahakan konsultasikan terlebih dahulu menggunakan arsitek lantaran genteng yg cantik belum tentu cocok dalam tempat tinggal eksklusif. Sehingga mampu diambil konklusi bahwa genteng yg cantik tergantung berdasarkan cocok tidaknya menggunakan konsep tempat tinggal anda.

Langsung saja, ini dia tips menentukan genteng tempat tinggal yg berkualitas.

1. Anggaran biaya

Tips yang paling utama sebelum menentukan genteng yakni anggraan yang sesuai dengan keuangan anda. Lantaran saat ini telah tersedia banyak sekali jenis atau contoh genteng modern yg memiliki harga yang berbeda-beda. Buatlah Rencana Anggaran Biaya (RAB) Rumah sehingga total biaya untuk pekerjaan bisa teralokasikan sesuai dana yang sobat miliki. Usahakan menentukan tipe genteng yang tidak melebihi biaya atau anggaran sobat sehingga ada dana cadangan atau anggaran cadangan.

2. Kualitas genteng


Tips selanjutnya untuk menentukan genteng yang baik adalah dengan mempertimbangkan dari sisi kualitas bahan. Tentu kita semuanya mengharapkan bahwa genteng yang terpasang pada tempat tinggal kita memiliki kualitas yang baik sehingga bisa menjadi tahan lama dan awet. Selain itu dari segi pemasangan serta perawatan wajib lebih mudah. Tiap jenis genteng mempunyai parameter yang tidak sama dalam memilih kualitas bahan. Contohnya untuk genteng dari tanah liat yang memiliki karakteristik-karakteristik tidak terdapat retakan, bunyi nyaring dan sebagainya.

3. Estetika genteng


Tips menentukan genteng selanjutnya yakni estetika. Nilai keindahan atau estetika lebih kuat ditonjolkan pada bentuk genteng serta warna genteng. Di sini terdapat beberapa yang salah kaprah mengartikan tentang keindahan genteng. Kebanyakan orang mengartikan genteng yang menarik itu merupakan genteng yang mengikuti tren waktu ini. Padahal nilai keindahan yang benar merupakan kombinasi antara desain genteng dengan konsep tempat tinggal sobat. Tidak setiap genteng yang sedang ngetren masa kini akan terlihat cocok untuk tempat tinggal sobat. Sebaiknya dalam menentukan desain genteng, konsultasikanlah terlebih dahulu menggunakan pihak kontraktor atau arsitek supaya keindahannya akan timbul ketika digabungkan menggunakan konsep rumah sobat.

4. Berat genteng


Tips ini merupakan opsional yakni usahakan disaat menentukan jenis genteng pilihlah genteng yang tidak terlalu berat lantaran akan berpengaruh terhadap kekuatan rangka atap baja ringan. Jika semakin berat, rangkanya pun semakin harus besar dan akan membebani karena tingginya biayanya.

5. Cek kebocoran genteng


Salah satu cara untuk menguji kualitas dari genteng itu sendiri yakni sobat harus mencoba kekuatan serta kualitas genteng dengan mengetesnya dengan terpaan serta genangan air. Karena air memang bisa menjadi bahan yang tepat jika dipakai untuk pendukung uji coba kelayakan terhadap genteng. Sebab pada dasarnya genteng memang dipakai untuk melindungi dari terpaan air hujan dan panas.

Bocor atau tidaknya genteng mampu sobat ketahui dengan menyiramkan air ke bagian bagian atas atas genteng. Karena proses awal bocornya genteng biasanya bermula dari kejadian perembesan. Proses perembesan inilah yang nantinya akan menjadi pemicu hingga terjadi kebocoran pada genteng. Sobat bisa menggunakan konsep ini sebelum memilih untuk memasang genteng.

Itulah beberapa saran cara menentukan atap rumah yang baik dan cantik yang bisa coba sobat praktekkan untuk mendapatkan atap yang terbaik sehingga mendapatkan rumah yang cantik.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *