Keuntungan Menggunakan Partisi Didalam Ruangan

Memiliki ukuran ruangan rumah yang besar tidak selalu menjadi keuntungan. sobat mungkin menginginkan sedikit privasi saat bersantai di ruang keluarga agar tamu tidak langsung terlihat saat datang. Partisi atau sekat bisa jadi solusinya. Partisi adalah bidang yang digunakan sebagai pemisah ruang tidak permanen. Memisahkan satu atau lebih ruangan dengan partisi, berbeda dengan dinding, memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya, kamar tetap terasa luas, meski terbagi menjadi lebih dari dua kamar.

Selain sebagai pembatas ruangan atau sekat, partisi memiliki fungsi dan kegunaan lain selain hanya sebagai pembatas ruangan. Partisi juga merupakan bagian terpenting dari interior dan berfungsi sebagai elemen dekoratif yang unik. Jika rumah sobat berkonsep lantai terbuka, penggunaan partisi bisa menjadi solusinya. Sobat bisa memilih bentuk dan jenis partisi sesuai dengan situasi dan ukuran ruangan. Perhatikan cara sobat memilih furnitur dan kombinasikan dengan jenis partisi.

Beberapa keuntungan menggunakan partisi

Selain itu penggunaan partisi atau sekat ini ternyata memberikan beberapa keuntungan bagi sobat yang tentunya sangat bermanfaat, diantaranya :

1.Menambah rasa privasi

Salah satu alasan orang menggunakan partisi pada ruangan adalah untuk privasi. Misalnya, sobat bisa memisahkan ruang tamu berukuran besar dan menggunakan ruangan lain sebagai ruang keluarga. Privasi memang menjadi isu penting dan biasanya menjadi alasan utama untuk menyediakan layar atau partisi privasi di kamar.

2.Menghemat biaya

Tidak dapat disangkal bahwa renovasi rumah menghabiskan banyak uang. Untungnya, menggunakan partisi adalah pilihan yang murah bagi siapa saja yang ingin melakukan renovasi. Menambahkan satu atau dua kamar ke rumah sobat tidak akan memakan banyak biaya jika memilih menggunakan partisi. Selain itu, ada banyak bahan yang bisa dipilih saat membuat partisi di rumah sobat.

3.Akan lebih praktis

Menambahkan dinding pada sebuah ruangan tentu bukan tugas yang mudah. Ini juga mengapa banyak orang mencari solusi yang lebih praktis yakni dengan memberikan dinding partisi. Berbeda dengan dinding solid yang tidak bisa ditata ulang, penggunaan sekat ruangan memang sangat praktis. Jika sobat menggunakan bahan kayu atau triplek, sobat juga bisa memindahkan dinding yang berfungsi sebagai partisi antar ruangan.

4.Nilai tambah estetika

Tidak banyak memang yang menjadikan sekat atau partisi untuk alasan estetika, tetapi ini tidak dapat dengan mudah dilepas. Pada dasarnya banyak rumah bergaya modern minimalis yang menggunakan sekat dan partisi untuk menambah nilai estetika pada ruangan. Tentunya pemilihan jenis partisi, material dan warna juga harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan partisi, ada baiknya sobat memperhatikan beberapa hal-hal sebagai berikut

Anggaran biaya
Anggaran merupakan pertimbangan penting sebelum memutuskan jenis partisi atau partisi mana yang akan digunakan. Untuk mendesain partisi, model, bentuk, bahan dan biaya pemasangan harus diperhitungkan. Jangan lupa untuk mencocokkannya dengan gaya interior pilihan sobat bisa itu gaya minimalis, rustic, industrial ataupun yang lainnya.

Material dan konsep


Seperti yang sudah disebutkan di atas, pilihlah jenis partisi yang sesuai dengan tema interior yang ingin ditampilkan. Ada banyak jenis layout ruangan yang bisa dipilih sesuai tema. Perhatikan pilihan model dan desain, serta kualitas bahan yang digunakan. Gunakan partisi yang dibuat khusus untuk material yang tidak merusak elemen interior lainnya seperti dinding dan lantai. Ini termasuk kayu, kaca, calciboard, atau blockboard, dan semua partisi non-permanen menawarkan banyak pilihan untuk mengatur ulang posisinya sesuai kebutuhan, sehingga elemen internal tidak akan rusak saat partisi permanen dipindahkan.

Jika ruangan tempat sobat yang rencananya akan memasang partisi sudah diisi dengan furnitur, lebih baik tidak menambah keramaian dengan partisi. Partisi rata-rata memiliki desain minimalis yang memudahkan untuk menentukan pilihan partisi mana yang tepat untuk setiap ruangan di rumah sobat. Sekat ruangan minimalis biasanya memiliki bentuk yang sangat sederhana, sesuai dengan prinsip minimalis. Sekat ruangan minimalis ini terbuat dari bahan kayu atau gypsum yang dilapisi wallpaper dengan motif yang unik dan mudah disesuaikan dengan konsep interior yang diinginkan.

Menggunakan model partisi rak mungkin menjadi salah satu pilihan terbaik. Selain fungsinya sebagai pembatas, partisi berbentuk rak juga memberikan kontribusi terhadap fungsi ruangan. Sobat bisa menaruh hiasan, buku atau foto pada bingkai duduk. Sobat juga bisa menambahkan batu kerikil di bagian bawah pembatas rak agar terlihat lebih natural. Gunakan partisi logam dengan bentuk geometris dan tambahkan cermin untuk menyamarkan ukuran ruang yang sempit. Cermin membuat ruangan akan terasa lebih besar dan kamar yang awalnya kecil bisa terlihat lebih besar.

Jika sobat menginginkan sekat ruangan yang lebih fleksibel dan mudah dipindahkan atau digunakan di ruangan yang berbeda, sobat dapat memilih sekat geser atau lipat. Ini adalah jenis pembatas ruangan yang membutuhkan keleluasaan untuk membuat ruangan terlihat lebih luas, sekaligus memberikan batasan zona ruangan jika diperlukan. Memilih desain atau model pembatas ruangan memang sulit. Namun, perlu diingat bahwa seiring perkembangan dunia desain interior, model dan jenis pembatas ruangan ini tidak hanya mengandalkan fungsi semata. Itu juga bisa terlihat sangat “stylish” dan, tentu saja, menambah nilai estetika ruang yang dibutuhkan. Jadi model pembatas ruangan mana yang Sobat Djong sukai?.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
X