Mengenal Ciri Khas Arsitektur Modern Tropis Yang Diterapkan Pada Bangunan Serta Interior

 

Melihat perkembangan trend arsitektur saat ini menjadi sebuah perhatian menarik yang harus diikuti perkembangannya dari masa ke masa. Jika dulu gaya arsitektur bangunan biasanya hanya mementingkan beberapa aspek saja seperti aspek estetik atau fungsional. Akan tetapi saat ini gaya arsitek modern semakin pintar dengan memadukan kedua aspek tadi sehingga dapat memunculkan fungsi bangunan serta interior yang estetik sekaligus menjadi lebih fungsional. Salah satu implementasi pendekatan tadi merupakan gaya arsitektur modern tropis atau modern tropical yang nyaman dan menyatu menggunakan unsur alam.

Gaya arsitektur modern tropis merupakan sebuah konsep arsitektur yang menyesuaikan dengan keadaan iklim di wilayah tropis sehingga beberapa faktor seperti kelembaban udara, pancaran sinar matahari, serta curah hujan yang tinggi tidak mempengaruhi fungsi utama dari bangunan. Perpaduan konsep antara modern dengan ditambah sentuhan alami menciptakan bangunan dengan gaya modern tropis sehingga rumah yang ditempati menjadi estetik sekaligus nyaman untuk dilihat. Jadi mari kita lihat beberapa ciri khas yang membedakan antara arsitektur tersebut dengan gaya arsitektur lainnya dibawah ini.

Bernuansakan warna netral


Salah satu dari karakteristik dari arsitektur modern tropis yang paling dominan adalah pemilihan warna-warna yang bernuansa netral. Warna-warna seperti putih, beige, atau earth tone pada bangunan modern tropis memberikan kesan menarik, nyaman serta timeless. Beragam warna netral tadi juga sangat cocok dipadukan bersama aneka warna hijau alami yang berasal dari tanaman indoor maupun outdoor yang ada di sekitar bangunan.

Dominasi pencahayaan alami

Rumah Tropis Modern; Tempat Bersantai yang Unik - InteriorDesign.id
Ciri khas arsitektur modern tropical yang paling menonjol lainnya selain warna adalah pemanfaatan sumber pencahayaan alami yang berasal dari sinar matahari. Beberapa sisi bangunan sengaja didesain dengan penggunaan kaca yang lebih dominan agar cahaya matahari dapat menciptakan ruangan menjadi terang dari pagi sampai sore hari. Selain membuat bangunan selalu terang serta sehat karena menerima intensitas sinar surya yang cukup, dengan sistem pencahayaan alami juga sangat efektif untuk meminamalkan penggunaan listrik.

Penggunaan konsep open space


Prinsip arsitektur modern tropis sering kali mengadopsi konsep ruang terbuka tanpa sekat (open space) yang akan memberikan kesan lebih luas pada ruangan. Tak hanya menciptakan ruangan terasa lebih luas, dengan konsep open space pula akan menciptakan aliran udara antar ruangan menjadi lancar. Jenis sekat yang dipakai umumnya berupa pintu geser atau dinding dengan material kaca agar tidak menghalangi jarak pandang.

Posisi plafon lebih tinggi


Dalam desain arsitektur modern tropis, plafon (langit-langit bangunan) menjadi salah satu elemen penting yang harus diperhatikan. Bangunan yang mengadopsi konsep arsitektur ini umumnya mempunyai plafon yang posisinya lebih tinggi untuk mendukung aliran udara didalam bagian interior. Di samping itu, penggunaan konsep void (ruang kosong terbuka dalam bagian tengah antara lantai atas dan lantai bawah) juga bisa dilakukan buat menampilkan kesan lega.

Sirkulasi udara lebih besar


Bangunan bergaya modern tropis juga identik menggunakan sirkulasi udara yang besar untuk kelancaran aliran udara. Jendela dan lubang jendela ditempatkan dalam posisi yang sempurna agar alur udara segar mampu masuk serta mengalir ke semua ruangan. Konsep ventilasi silang juga tak jarang diterapkan untuk memastikan kualitas udara yang masuk ke ruangan senantiasa baik. Interior bangunan yang menerima aliran udara segar setiap hari akan terbebas dari permasalahan kelembaban berlebihan.

Itulah tips untuk mengetahui ciri khas dari konsep arsitektur modern tropical yang bisa sobat terapkan di interior atau juga rumah tinggal sobat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semuanya.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
X