Lebih Ekonomis Mana Menggunakan Kusen Kayu atau Aluminium?

Kusen atau rangka merupakan salah satu elemen penting bagi rumah dimana bagian vertikal yang menjadi dudukan pintu atau jendela dipasang di kiri dan kanan. Kusen harus cukup kuat untuk menopang berat pintu. Kusen juga harus dapat mengunci pintu dengan aman, terutama dari luar, karena hal ini dapat mencegah orang luar masuk ke dalam rumah. Baik pintu maupun kusen harus dikencangkan dengan aman agar tidak ada celah antara pintu dan kusen yang menghalangi masuknya benda asing ke dalam ruangan.

Kusen yang terbuat dari basalt atau granit ternyata telah digunakan sejak dua ribu tahun sebelum masehi. Seiring perkembangan teknologi, bahan lain nya juga mulai digunakan untuk membuat kusen. Dapat dilihat bahwa selain kayu, aluminium pun sekarang menjadi populer menjadi kusen, terutama bagi orang yang menginginkan desain kusen yang berbeda. Meski demikian, penggunaan kayu sebagai kusen masih cukup diminati oleh masyarakat.

Kusen alumunium ternyata memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kusen kayu. Berikut adalah 9 keunggulan menggunakan kusen aluminium yang menjadi alasan digunakan banyak orang.

1. Tahan lama


Salah satu alasan utama kusen aluminium lebih populera dalah daya tahannya yang sangat tinggi. Aluminium lebih tahan terhadap korosi dan karat, sehingga dimanapun sobat tinggal, baik di perkotaan, pedesaan atau bahkan di pegunungan, kusen aluminium akan tetap kuat dan kokoh.

2. Perawatan mudah


Kusen dengan bahan aluminium ini mudah sekali jika untuk masalah perawatan. Kusen alumunium juga tidak mudah berkarat atau pudar warnanya. Sobat hanya perlu membersihkannya dua kali setahun. Yang dibutuhkan untuk perawatan jenis kusen ini adalah dengan campuran sabun dan air. Semprotkan campuran sabun dan air tersebut pada permukaan kusen lalu seka dengan kain lembut.

3. Tahan terhadap perubahan cuaca


Kusen aluminum yang baik telah melewati uji kualitas di pabrik secara ketat. Sifat alaminya yang tahan terhadap segala kondisi cuaca dan tahan terhadap terpaan angin kencang, sangat disarankan untuk digunakan sebagai pengganti kusen kayu, terutama pada pintu masuk rumah, jendela dapur, kamar mandi dan kamar tidur.

4. Lebih ringan


Aluminium adalah logam yang sangat ringan dengan berat jenis hanya 2,7 g/mc3, yang berarti hanya sepertiga dari berat jenis baja dan tembaga. Faktanya, aluminium adalah salah satu logam paling ringan di pasaran. Inilah yang membuat aluminium menjadi cocok untuk dijadikan sebagai bingkai atau kusen.

5. Tahan api


Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat mencari kusen adalah ketahanan nya akan api jika terjadi kebakaran. Kusen aluminium adalah pilihan terbaik dan teraman, karena kusen aluminium secara alami memiliki ketahanan terhadap api yang sangat tinggi. Namun pemasangannya harus dilakukan oleh tenaga yang berpengalaman.

6. Harga terjangkau


Dari segi harga, kusen aluminium lebih murah dan ekonomis daripada kusen kayu. Dalam beberapa tahun, aluminium juga akan lebih murah daripada uPVC, yang bahannya agak kurang efisien. Aluminium lebih mudah dibentuk, jadi jika Anda ingin mengganti seluruh kusen dan pintu, atau jika Anda menginginkan bentuk yang unik untuk pintu dan jendela sobat, biaya pembuatan dan pemasangannya jauh lebih murah daripada kayu. Pada akhirnya, ini bukan tentang harga yang sobat permasalahkan.

Kayu membutuhkan perawatan yang lebih sering, oleh karena itu umurnya jauh lebih pendek. Sebaliknya, aluminium tidak perlu khawatir dengan perawatan ini. Dengan cara ini, sobat melakukan langkah cerdas yang akan menghemat banyak biaya perawatan dengan menghabiskan sedikit biaya untuk kusen aluminium ini. Tetapi itu semua kembali tergantung pada anggaran jika sobat berencana membeli atau mengganti kusen.

7. Terlihat modern


Dalam hal urusan desain rumah, aluminium merupakan material yang menonjolkan arsitektur dengan tema kontemporer. Kusen aluminium sangat mudah dicat untuk tampilan yang berbeda. Terlepas dari bentuk pintu dan jendela, aluminium dapat dibentuk untuk bisa menyesuaikan dengan bentuk pintu ataupun jendela.

8. Menstabilkan suhu ruangan


Industri kusen aluminium telah meningkat secara signifikan selama bertahun-tahun dan menawarkan insulasi yang sangat baik. Kusen pintu aluminium ditambah dengan kaca berlapis akan mengurangi suhu ruangan dan menambah dingin udara luar, sehingga suhu ruangan akan tetap stabil. Sehingga, untuk meminimalkan tagihan listrik, sobat tidak perlu menyalakan AC dalam jangka waktu lama.

9. Ramah lingkungan


Aluminium dapat didaur ulang atau reuse secara utuh sebanyak mungkin, sehingga menjadikan alumunium bahan yang sangat ramah lingkungan. Selain itu, dengan menggunakan aluminium secara tidak langsung sobat menghemat kayu yang pada akhirnya menyelamatkan pohon. Tidak hanya memiliki jejak karbon yang rendah, tetapi jika sobat ingin mengganti kusen aluminium, kusen lama dapat didaur ulang menjadi yang baru. Aluminium hasil daur ulang memiliki kualitas yang sangat mirip dengan aluminium yang baru dicetak. Faktanya, 75 persen dari seluruh aluminium yang diproduksi masih digunakan.

Demikian artikel mengenai seputar kusen dari aluminum. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan baru bagi sobat djong. Pastikan kusen yang dibeli menambah keindahan rumah sobat, sehingga memberikan kepuasan dengan pilihan tersebut dan tidak menyesal membeli kusen yang salah, karena penyesalan tidak ada gunanya.

—————————————————————————

Anda butuh jasa arsitek, custom furniture dan desain rumah profesional yang sudah berpengalaman?
Djong Design siap membantu untuk mewujudkan rumah impian anda.
Untuk konsultasi dan info selanjutnya bisa menghubungi kami di nomor :
(0821-190-51258)
(0821-190-51259)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
X